10 Tips Membuat Ruang Meditasi di Rumah

0
431

Meditasi, yoga dan relaksasi dapat membantu hidup Anda menjadi lebih baik setelah melewati hari yang sulit. Meditasi telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup sebagian besar kaum urban. Anda mungkin bisa saja melakukannya di mana saja di rumah Anda, tapi memiliki ruangan khusus pastinya dapat membuat Anda lebih cepat relaks. Membuat ruang meditasi di rumah adalah ide yang menarik untuk Anda yang senang relaksasi setiap hari. Bagaimana membuatnya? Berikut 10 hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat ruang meditasi di rumah:

Pilih Tempat yang Anda Sukai

ruang meditasi

Anda bisa memilih ruang meditasi di sebelah kamar tidur Anda, di loteng, di gazebo atau dimanapun Anda sukai. Pilih area yang menurut Anda merupakan wilayah paling nyaman di rumah Anda, dan tidak mendapat banyak distraksi dari sekitar.

Gunakan Warna-Warna Netral

ruang meditasi

Ruang yang menenangkan adalah ruangan yang tidak penuh warna apalagi warna-warna yang mencolok.

Minim Perabotan

ruang meditasi

Sebisa mungkin tidak banyak perabotan yang Anda letakkan di dalam ruang meditasi. Cukup gunakan yang memang Anda butuhkan, misalnya seperti matras empuk, karpet, dan bantal. Semakin sedikit benda-benda di sekitar Anda, akan semakin memudahkan Anda bermeditasi.

Sentuhan Personal

ruang meditasi

Tambahkan elemen favorit Anda di dalam ruang meditasi, bisa berupa wewangian favorit, benda kesukaan atau karya seni yang Anda senangi yang dapat membantu tubuh dan pikiran Anda tenang. Namun, tetap ingat untuk tidak membuat ruangan menjadi sesak.

Bersih

meditasi

Ruang meditasi yang senantiasa bersih akan membuat pikiran Anda senantiasa terbuka.

Minimalisasi Perangkat Elektronik

ruang meditasi

Cukup hadirkan pemutar musik di ruangan meditasi Anda. Hindari televisi apalagi perangkat video game dan telepon genggam Anda yang justru bisa mengganggu konsentrasi Anda.

Aromaterapi

Penggunaan minyak esensial dari tanaman, seperti lavender, chamomile, dan peppermint, dapat membantu menenangkan jiwa, pikiran, dan tubuh Anda. Jiwa, pikiran dan tubuh yang tenang akan membantu Anda menghilangkan stres.

Pencahayaan

ruang meditasi

Cahaya alami tentu lebih baik untuk ruang meditasi Anda. Jika ruang meditasi di rumah Anda tidak mendapatkan cahaya alami, pilih lampu dengan penerangan yang sesuai selera dan suasana hati Anda. Apakah Anda lebih suka cahaya yang berpendar, atau yang terpusat, bisa juga jika menghadirkan lilin-lilin di sekitar ruangan Anda. Jika ruang meditasi Anda outdoor, pastikan tempatnya cukup teduh dan tidak mendapat sinar matahari terlalu terik.

Udara Segar

ruang meditasi

Jika Anda tidak begitu suka dengan aromaterapi, pastikan ruang meditasi di rumah Anda memiliki udara segar. Udara segar memberikan banyak manfaat selain untuk badan Anda juga untuk otak Anda, dan membantu Anda merasa segar. Hal ini tentu bukan masalah jika Anda membuat ruang meditasi di luar ruangan (outdoor). Akan tetapi jika ruang meditasi berada di dalam rumah, pastikan ruangan tersebut memiliki ventilasi yang baik.

(Baca: Menciptakan “Healing Environment” di Rumah )

Unsur Alam

ruang meditasi

Sebagian besar orang percaya bahwa meditasi adalah tentang menghubungkan diri Anda, (tubuh dan pikiran) dengan alam di sekitar Anda. Memang sangat idel jika Anda bermeditasi di lingkungan yang alami, namun itu tidak selalu dapat Anda lakukan jika Anda tinggal di kawasan perkotaan yang sibuk. Karena itu pertimbangkanlah untuk menambahkan unsur alam di ruang meditasi Anda yang bisa membantu menciptkan harmoni dan keseimbangan. Vas bunga, wadah yang diisi dengan pasir dan kerang atau air mancur kecil bisa menjadi pilihan. Suara gemericik air akan membantu Anda menjadi lebih tenang dan meredan suara bising di luar rumah Anda.

Foto: freshome, digsdigs

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here