5 Kesalahan Umum dalam Menerapkan Warna pada Ruangan

0
336

Kehadiran warna dalam rumah dapat membuat ruangan di rumah Anda menjadi lebih indah dan memberi kenyamanan lebih kepada setiap penghuni yang tinggal di dalamnya. Hanya saja, jika Anda tepat memilih warna yang benar-benar sesuai dan tepat. Kesalahan dalam pemilihan warna dalam ruangan dapat membuat Anda tidak nyaman, atau bahkan membuat mata Anda lelah melihatnya. Warna punya kekuatan penting untuk membangun suasana dalam ruangan. Jangan sampai suasana yang ingin Anda hadirkan tidak sesuai yang diharapkan karena salah menentukan warna. Berikut 5 kesalahan umum dalam menerapkan warna pada ruangan di rumah:

Tidak Memperhatikan Pencahayaan

warna1

Tanpa cahaya, warna bisa tidak berarti apa-apa. Pencahayaan yang tepat mampu membuat warna di ruangan menjadi lebih hidup. Pencahayaan yang temaram bisa membuat warna putih menjadi lebih redup dan atau warna ungu bisa menjadi tampak seperti abu-abu. Jadi, berhati-hatilah dalam mengolaborasikan warna dan cahaya dalam ruangan di rumah Anda.

Terlalu Banyak Percampuran Warna

warna5

Memang tidak ada batasan resmi dalam membatasi warna yang diperbolehkan untuk diterapkan dalam satu ruangan. Percampuran banyak warna yang mengakibatkan ruangan menjadi terlalu meriah atau terlalu mencolok akan mengurangi harmoni dalam ruangan. Eleminasi warna-warana sampai Anda menemukan warna yang memberikan sensasi kedamaian dalam diri Anda. Pastikan warna tersebar merata dalam ruangan, agar ruangan tetap indah dipandang.

Namun, jika Anda hanya menerapkan dua warna dominan untuk seluruh rumah, pastikan Anda punya warna-warna menarik lainnya yang hadir melalui elemen-elemen kecil, sehingga ruangan tetap tampil menarik.

Tidak Memberikan Ruang untuk Mata Beristirahat

warna3

Dari banyaknya warna yang bertaburan di rumah Anda, sediakan ruang untuk mata Anda beristirahat. Sisihkan bagian kosong seperti di kamar agar mata Anda tidak lelah. Imbangkan bagian berwarna dari ruangan lain di rumah Anda dengan menghadirkan warna-warna netral untuk menjaga keseimbangan antar-warna.

Tidak Mempertimbangkan Suasana yang Hendak Dibangun dalam Ruangan

warna2

Apa yang ingin Anda rasakan ketika berada di ruangan dapat dipengaruhi oleh warna. Menyukai sebuah warna tidak berarti Anda perlu menerapkan warna tersebut di seluruh ruangan di rumah. Misalnya, Anda menyukai warna merah terang, tentunya Anda tidak akan menghadirkan warna ini mendominasi kamar tidur Anda. Anda perlu trik tertentu untuk tetap bisa menggabungkan warna favorit Anda dengan suasana yang hendak Anda ciptakan.

Bermain Terlalu Aman

warna7

Anda mungkin berfantasi untuk menggabungkan berberapa warna menarik yang Anda suka dalam satu ruangan, tapi tidak berani benar-benar menerapkannya karena Anda takut membuat kesalahan. Terkadang sedikit keberanian dapat membuat rumah Anda terhindar dari kesan membosankan.

Foto: Ifran

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here