5 Kesalahan Umum Saat Merancang Dapur

0
303

Dibutuhkan perencanaan yang matang dalam merancang dapur sebuah hunian. Pasalnya, area ini ‘dihuni’ beragam jenis dan ukuran perabot memasak yang perlu disimpan agar ruangan tetap terlihat rapi. Tak hanya soal penampilan saja, desain yang buruk juga berdampak pada kenyamanan Anda saat beraktivitas di dalamnya. oleh sebab itu, berikut ini adalah 6 kesalahan umum yang perlu Anda hindari saat merancang dapur.

Mengabaikan Alur Aktivitas

Menerapkan alur aktivitas di dapur atau ‘Kitchen triangle’ bukanlah teori semata. Inilah yang perlu Anda rencanakan dengan matang agar aktivitas di dapur terasa nyaman dan aman.

Berdasarkan aktivitasnya, area di dapur terbagi menjadi 3 zona, yakni area menyiapkan, memasak dan menghidangkan. Ukur jarak antar ketiga zona ini. Jangan terlalu dekat dan jangan pula terlalu jauh. Maka untuk memudahkan mobilitas di dapur, pastikan tiga fitur utama yakni kulkas, sink dan kompor terletak berdekatan atau mudah dijangkau.

Membeli Perabot Memasak Di Akhir

Membeli perabot dapur seperti home appliances atau kitchen utensils biasanya menjadi agenda terakhir dalam proses membangun atau merenovasi dapur. Padahal hal ini sebaiknya direncanakan di awal. Kenapa? Karena ukuran home appliances yang Anda beli seperti kulkas, kompor atau microwave belum tentu sama dengan ukuran lemari dapur yang sudah Anda siapkan.

Lalu dimanakah harus menyimpan perabot kecil seperti sendok, garpu dan perangkat memasak yang sudah terlanjur dibeli dalam jumlah banyak? Menyimpannya dalam sebuah wadah lalu diletakkan disudut ruangan tentu saja akan merusak keindahan dapur. Maka, sebaiknya tempat penyimpanan ini sudah direncanakan dulu diawal perencanaan desain dapur. Sehingga hasilnya akan lebih rapi dan well organized.

Minim Ventilasi

Beberapa kondisi dapur yang dibuat oleh developer biasanya tertutup dan tidak memiliki akses bukaan keluar. Padahal penting sekali menghadirkan ventilasi di dapur guna membuang hawa panas serta bau masakan yang berputar di dalamnya. Jika tak memungkinkan membuat ventilasi, paling tidak gunakan cookerhood untuk menyedot bau agar dapur tetap terasa nyaman dan tidak pengap.

Pencahayaan Yang Buruk

Pastikan Anda menggunakan general lighting dengan cahaya terang berwarna putih. Hal ini agar Anda bisa fokus mengamati detil proses memasak dan tidak cepat merasa lelah atau panas. Adapun lampu sorot (spotlight) bisa digunakan untuk menerangi benda hiasan (artwork) dapur.

Mengabaikan Material Backsplash

Pilihlah material yang mudah dibersihkan untuk menutupi bidang dinding backsplash di area memasak. Anda bisa menggunakan keramik atau stainless steel. Agar tampilannya menarik, pilih motif keramik yang indah dipandang sehingga dapur Anda terlihat semakin menarik.

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here