6 Tips Membuat Dapur Minimalis

0
398
Foto: Ifran

Memiliki lahan tempat tinggal yang terbatas membuat Anda harus bersiasat dalam mengatur tata letak tiap ruang dalam rumah, termasuk penempatan dapur. Dapur minimalis cukup banyak diminati karena ukurannya yang cenderung mungil dan sederhana, sehingga mudah dibersihkan. Meskipun berada di ruang sempit, usahakan selalu dapur minimalis di rumah Anda tetap nyaman digunakan dan berfungsi dengan optimal. Berikut ini 6 tips membuat dapur minimalis di rumah Anda.

Efisien dan Modern dengan Furnitur Multifungsi

dapur1
Foto: Tri

Dapur mungil memudahkan aktivitas Anda ketika berada di dapur, jarak antara mengolah makanan, memasak, mencuci bahan makanan hingga menyajikannya berada di area yang saling berdekatan. Agar lebih efisien dan tetap terlihat modern, gunakan saja furnitur multifungsi. Contohnya, buatlah penutup bak cuci piring (kitchen sink) yang multifungsi menjadi meja. Jadi, ketika penutup diangkat, bak cuci piring dapat dipakai, ketika ditutup maka jadilah table top yang cukup luas. (Baca juga: Furnitur Multifungsi di Dapur Kecil)

Konsep Dapur Island

dapur2
Foto: Tri

Konsep dapur island adalah adanya meja-kabinet tambahan di tengah dapur yang bisa digunakan sebagai meja makan. Dengan konsep ini Anda tidak perlu memiliki ruang makan yang terpisah dengan dapur.

Gunakan Meja Bar

ah2
Foto: Akhkamul Hakim

Jika tidak memungkinkan membuat ruang makan atau meletakkan meja makan ukuran besar di dekat dapur Anda, gunakan saja meja bar. Konsep ini cocok untuk Anda yang tinggal sendiri di rumah atau pasangan yang baru menikah. Dengan meja bar di dapur Anda dapat menghemat ruang di rumah Anda dan meja ini juga dapat menjadi penyekat atau batas antara dapur dengan ruangan lain di rumah.

Maksimalkan Tempat Penyimpanan

if4
Foto: Ifran

Simpan peralatan dapur ke dalam kabinet atau kitchen set agar dapur senantiasa terlihat rapi. Jangan biarkan peralatan memasak Anda berantakan di table top. Jika tempat penyimpanan sudah tampak penuh dan tidak lagi memuat perlengkapan dapur Anda, segera declutter isi tempat penyimpanan di dapur Anda.

Pikir Sebelum Membeli

Hindari membeli perlengkapan dapur atau peralatan memasak yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan atau hanya Anda pakai sesekali. Ketika Anda melihat barang baru dan terpikir untuk membelinya, tunggulah sampai seminggu, apakah Anda benar-benar masih memikirkannya karena membutuhkannya atau Anda sudah melupakannya begitu saja karena itu hanya keinginan sesaat.

Jendela dekat Dapur

if3
Foto: Ifran

Dapur minimalis yang mungil bisa menjadi sumpek dan sesak ketika Anda gunakan memasak jika tidak ada ventilasi yang cukup di dapur. Selain berfungsi sebagai pertukaran udara, jendela juga bisa membuat dapur tampak lebih luas.

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here