6 Tips Sukses Menekuni Street Photography

0
267

Esensi dari street photography adalah mendokumentasikan kehidupan sehari-hari dan masyarakat yang ada di jalanan. Anda bisa mempraktekannya dimanapun, tanpa perlu berpergian jauh. Genre foto ini biasanya dilakukan candid, tanpa izin dan sepengetahuan subjek yang difoto. Yang paling penting dari street photography adalah Anda bisa have fun dengan kamera Anda. Tangkaplah emosi dan karakter dari seseorang yang Anda temui. Namun, untuk bisa mendapatkan foto yang bagus, Anda butuh waktu, latihan dan kesabaran.

Berikut 6 tips sukses dalam menekuni street photography menurut Drew Hopper, fotografer lansekap, fine art dan perjalanan yang berbasis di Australia seperti dirangkum dari Petapixel.com:

Dekat dengan Subjek

street photography

Berbaurlah dalam kerumuman seperti pasar, taman, atau jalanan yang ramai. Rasa yang dihasilkan dari foto Anda tersebut akan lebih baik dibanding Anda mengambil gambar dari jarak jauh. Jeli dan bukalah mata Anda lebar-lebar untuk mendapatkan foto yang menarik. Pastikan diri Anda berada di tempat dan waktu yang tepat.

Bawa Kamera Kemanapun

street photography

Street photography adalah memotret spontan, dan Anda perlu latihan untuk menjadikannya sempurna. Kamera merupakan perpanjangan diri Anda, gerbang untuk berbagi sudut pandang Anda tentang dunia dan jangan sampai ANda melewatkan momen menakjubkan hanya karena kamera tidak ada di genggaman Anda. Jadi, jika Anda memang serius menekuni street photography, kamera Anda harus selalu berada dalam jangkauan Anda setiap saat. Karena terkadang Anda hanya punya waktu sepersekian detik untuk menangkap subjek Anda, dan kesempatan kedua bisa jadi sulit Anda dapatkan.

Berpikir Out of the Box

street photography

Dari scene yang paling sederhana Anda tetap bisa menggambarkan ide dan emosi yang powerful. Street photography tidak hanya tentang manusia yang Anda temui di jalan, tapi juga benda-benda apapun yang menarik. Di dunia ini ada banyak peluang tak terbatas dalam mengambil gambar. Jadi, tidak selalu dilakukan di tempat yang ramai orang, tapi bisa juga di jalan-jalan sepi dan mengambil potret apapun yang Anda minati.

Cerita Lebih Penting dari Kualitas Gambar

street photography

Komposisi, cahaya, drama dan cerita yang ingin Anda ceritakan lebih penting dari kualitas gambar. Kualitas gambar yang bagus tidak berharga jika komposisi foto dan pencahayaannya buruk. Terlebih jika tidak ada atmosfer untuk menceritakan sesuatu.

Persepsi dan Intuisi

street photography

Persepsi dan intuisi menjadi faktor terpenting. Persepsi membutuhkan mata kreatif untuk melihat detail dan memusatkan perhatian. Intuisi merupakan tindakan segera dimana Anda tidak memerlukan penjelasan nalar lebih dalam melakukannya. Kombinasi dua faktor ini dapat membawa Anda menciptakan proses menakjubkan dalam mengambil gambar, di sinilah street photography diekspresikan.

Yang Paling Penting, Bersenang-senanglah!

Sama dengan genre lainnya dalam fotografi, penting untuk menikmati apa yang Anda lakukan dan lakukan apa yang Anda senangi. Kreativitas mengalir dimana passion itu hidup. Jadi, lakukan yang membuat Anda bahagia bukan apa yang diharapkan orang lain.

Foto: Aprillia Ramadhina

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here