Badan Antariksa Eropa Ajak Rusia Terbangkan Pesawat ke Mars

0
299

Badan Antariksa Eropa Ajak Rusia Terbangkan Pesawat ke Mars Pesawat nirawak akan sambangi Planet Mars ( DasWortgewand/Pixabay) Jakarta, CNN Indonesia — Badan antariksa Eropa (ESA) dan Roscosmos dari Rusia berkolaborasi dalam misi sambangi ExoMars. Sesuai namanya, dua badan antariksa ini bersatu untuk meluncurkan pesawat nirawak ke Planet Mars.
Pesawat Schiaparelli bersama pesawat induknya yang diberi nama ExoMars Trace Gas Orbiter (TGO) ini telah meluncur ke luar angkasa pada 14 Maret lalu di Baikonur, Kazakhstan menggunakan roket Proton-M.

Pilihan Redaksi

  • NASA Ajak India Kolaborasi Misi Mars
  • NASA Ajak India ke Planet Mars karena Uang?
  • Tak Hanya Kentang, Tomat Diprediksi Bisa Tumbuh di Mars
  • UFO Sempat Melintas di Stasiun Luar Angkasa?

Melansir situs ESA, proses peluncuran dan Schiaparelli dan TGO berlangsung dengan baik seiring pengiriman sinyal yang langsung diterima pusat pengendali ESA di Darmstadt, Jerman.
Dua wahana antariksa robotika ini akan menjelajahi luar angkasa bersama-sama, hingga Schiaparelli memisahkan diri dari pesawat induk TGO yang dijadwalkan pada 16 Oktober mendatang saat berada di jarak 900 ribu kilometer dari Mars.
Kemudian pada 19 Oktobernya, Schiaparelli akan masuk atmosfer Planet Merah dengan bantuan parasut yang dibenamkan di bodinya, lalu mendarat di permukaan. Proses Schiaparelli masuk atmosfer Mars hingga melakukan pendaratan diprediksi memakan waktu 6 menit.
Sementara TGO akan masuk ke orbit di sekitar Mars pada jarak terdekat di 300 kilometer dan terjauhnya 96 ribu kilometer.
Salah satu tujuan misi ExoMars ini adalah melanjutkan deteksi senyawa metana yang ditemukan oleh pesawat robotika Mars Express milik ESA pada tahun 2004 silam.
TGO juga akan memotret permukaan Mars dari orbit yang diharapkan bisa menghasilkan data baru, serta mampu mendeteksi endapan air es yang tertimbun.
"Kita tak hanya mencari data ilmiah kelas dunia, namun juga membuka jalan agar misi ExoMars kedua bisa terlaksana yang tentunya akan memperluas kemampuan kami dari observasi orbit, permukaan, hingga ke bawah permukaan Mars," ucap Director of Science ESA, Alvaro Gimenez.
(tyo)

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here