Berwisata Ke Taman Tematik Di Kebun Raya Kuningan

0
466

Berkunjung ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, biasanya tujuan kita hanya terfokus pada gedung Linggarjati dan tempat pelelangan ikan. Padahal di Kota Kuningan ini terdapat sebuah tempat yang cukup menarik yaitu Kebun Raya Kuningan.

Kebun raya ini dibangun oleh Pemerintah Daerah kabupaten Kuningan yang tengah mempersiapkan diri untuk menjadi kabupaten konservasi. Kawasan berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi dan membentuk bentang alam perbukitan yang indah.

kebun raya kuninganSelain berpotensi menjadi objek wisata alam utama di Kabupaten Kuningan, tempat ini juga menjadi destinasi ecotourism yang strategis di masa mendatang. Di kawasan kebun raya ini terdapat taman tematik berupa Taman Tumbuhan Bebatuan (rock garden). Di taman inilah terdapat koleksi tumbuhan yang tumbuh, baik di sekitar bebatuan maupun tanaman yang memiliki karakter tahan kering dan tahan panas. Umumnya, tumbuhan tersebut berasal dari famili Cactaceae Cactaceae, Agavaceae, Euphorbiaceae, Apocynaceae, Begoniaceae, Portulacaceae, dan Bromeliaceae.

kebun raya kuninganTaman ini dibuat “menjuntai” dari atas ke bawah. Untuk menikmati pemandangan dari atas, para pengunjung harus melewati jalan setapak yang mendaki, yang terbuat dari campuran batu kali dan semen, serta terbuat dari conblock.

kebun raya kuninganUntuk menambah suasana yang lebih alami lagi maka dari atas “bukit” dibuatkan air terjun mini untuk mengalirkan mata air dari atas. Airnya jernih dan terasa dingin. Di taman ini juga terdapat area tanaman kaktus serta joglo yang terbuat dari kayu untuk tempat pengunjung beristirahat.

Foto : Didan Sardjono

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here