Brush Lettering untuk Pajangan Cantik di Rumah

0
413

Pernah melihat bingkai yang dihiasi hanya dengan kertas berisi tulisan? Entah apa pun maksud kalimat pada kertas tersebut, yang jelas kalimat dalam bingkai tidak tampil seadanya. Kalimat itu ditulis dengan bentuk yang indah dan jauh lebih menarik lagi, kalimat tersebut bahkan bisa ditulis dengan tangan.

Benar sekali. Tidak memerlukan komputer atau teknik digital lainnya, cukup dengan hand lettering, misalnya brush lettering sebuah tulisan cantik siap dipajang. Kegiatan menulis indah itulah yang ditunjukkan dalam workshop, “Basic Brush Lettering and Drawing on Wood” bersama Echa Maharani dalam rangkaian acara Living World Asri Home Festival 2016.

Brush Lettering untuk Pajangan Cantik di Rumah
https://www.facebook.com/HomeLearningMe/

Acara ini merupakan kegiatan melukis dan menulis menggunakan cat air untuk kertas dan cat akrilik untuk kayu. “Acara berikut ini pengenalan basic stroke, yakni goresan awal dalam brush lettering. Perbedaan menulis biasa dengan kaligrafi terletak pada tekanannya,” ujar Echa yang mempelajari brush lettering secara otodidak ini.

Dalam workshop tersebut, Echa juga menyediakan modul untuk mengenalkan dan membiasakan para peserta dalam menggariskan kuasnya hingga membentuk huruf. Hiasan-hiasan cantik, seperti bunga dan dedaunan diajarkan pula untuk menyempurnakan tampilan brush lettering. Setelahnya, peserta bisa berkreasi membuat kalimat dan hiasan mereka sendiri.

Brush Lettering untuk Pajangan Cantik di Rumah

Brush lettering sendiri menurut Echa, selama ini bisa digunakan untuk pajangan dan dapat berisi mengenai gambar atau kalimat yang diinginkan, misal kata-kata motivasi, nama anak, ataupun doa. “Namun, kalau buat saya sendiri seperti media untuk terapi juga. Jadi, bisa merasa relaks dan menghilangkan stres,” ujar ibu tiga anak yang juga menulis buku Anti Mati Gaya ini.

Brush Lettering untuk Pajangan Cantik di Rumah
https://www.facebook.com/HomeLearningMe/

Secara umum, media yang diperlukan untuk brush lettering ialah kuas, palet, tinta, cat air (untuk kertas), cat akrilik (untuk kayu), kertas, talenan, atau kayu. Namun, kini menurutnya, brush lettering bisa diterapkan di banyak media, seperti helm, kaca, atau blackboard besar menggunakan kapur. Terakhir, Echa pernah mencoba talenan bambu sebagai media tulisnya.

Echa mengaku, dirinya pun belum lama mengenal dan mempelajari brush lettering, tepatnya sejak tahun lalu. Dibutuhkan waktu memang untuk bisa ahli dan menghasilkan bentuk huruf yang cantik. Namun, dengan latihan, kalimat sederhana karya sendiri bisa dipajang di rumah. Siapa tertarik mencoba dan menjadikan kegiatan ini sebagai hobi yang menyenangkan?

Foto: Mira Julia, Azuwit Gani

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here