Cara Alami Mengharumkan Ruangan Dengan Potpourri

0
320

Pengharum ruangan menjadi solusi yang efektif untuk menciptakan suasana ruang yang segar dan nyaman. Namun jika terus menerus digunakan, zat kimia yang terkandung di dalam pengharum ruangan sintetis yang banyak dijual di pasaran beresiko mengganggu kesehatan Anda.

Alternatif lainnya adalah menggunakan bahan-bahan alami sebagai pengharum ruangan. Beberapa jenis bahan yang bisa digunakan diantaranya biji kopi, potongan buah lemon, bunga segar seperti Mawar atau Geranium, rempah-rempah seperti kayu manis atau membuat potpurri.

Apa itu potpourri? Potpourri merupakan mangkuk atau wadah berisi campuran beragam jenis bunga, rempah dan buah yang telah dikeringkan. Sehingga aromanya yang natural dan menyegarkan mampu mengusir bau tak sedap serta mengharumkan ruangan secara alami.

Potpourri biasanya diletakkan untuk mengharumkan ruangan yang lembab seperti kamar mandi atau dapur. Namun dapat pula diletakkan untuk mengharumkan ruang keluarga dan kamar tidur. Tak hanya sekedar menjadi pengharum ruangan, tampilannya yang menarik membuat teknik yang dipopulerkan oleh masyarakat Perancis ini dapat digunakan menjadi dekorasi ruangan.

Proses membuat potpourri tergolong mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sederhana. Anda cukup memilih bunga yang memiliki aroma kuat dan segar seperti mawar atau melati, kemudian campurkan dengan bahan rempah seperti batang kayu manis, kopi atau cengkeh. Anda juga bisa menambahkan potongan buah jeruk atau lemon untuk menciptakan aroma yang segar.

Tahap berikutnya adalah pengeringan. Letakkan seluruh bahan di dalam sebuah wadah bersih, kemudian biarkan hingga mengering. Untuk mendapatkan hasil yang baik, hindari paparan sinar matahari langsung agar bahan tidak terlalu kering. Potpourri yang terlalu kering tentu saja mengurangi atau bahkan menghilangkan aroma dari masing-masing bahan, sehingga tak lagi berguna sebagai pengharum ruangan.

Terakhir, tambahkan sedikit minyak aroma terapi dengan wewangian favorit Anda. Akan lebih baik jika aroma terapi memiliki wangi yang sejenis dengan bahan-bahan potpourri, sehingga aromanya akan semakin kuat. Mudah kan? Yuk buat potpourri sendiri sesuai selera!

Foto : treasureinanearthenvessel

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here