Cara Hemat Dan Kreatif Menata Ulang Interior Rumah

0
391

Menata ulang interior rumah ternyata tak selalu membutuhkan biaya yang besar. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa mengolah barang bekas yang masih layak pakai menjadi sesuatu yang berguna dan tentunya menarik secara visual.

Salah satu inspirasi desain yang menarik tampak pada desain booth Natural House milik Andre Suryaman berikut ini. Rangkaian furnitur, lighting hingga aksesori yang digunakan merupakan hasil daur ulang barang bekas, diantaranya limbah suku cadang (spare part) sepeda, suku cadang becak, botol minuman kaca dan kayu bekas.

Karakter sofa dua dudukan (two seater) yang memadukan elemen logam dan kayu sebagai kerangkanya semakin unik ketika dipercantik dengan bagian roda becak pada kedua sisi kursi. Tak hanya becak, bagian dari suku cadang sepeda pun diolah menjadi baki (tray) yang eye catching.

Mengalihkan pandangan ke arah dinding, mata Anda akan ‘dimanjakan’ oleh artwork unik yang memanfaatkan kayu bekas. Potongan-potongan kayu dalam berbagai ukuran dirangkai menjadi hiasan dinding yang unik dan menarik. Masih berfungsi sebagai wall art, potongan kayu berukuran kecil dirangkai kemudian dibingkai menggunakan roda sepeda.

Keunikan berikutnya tampil melalui armatur lampu meja (table lamp) dan lampu gantung (hanging lamp). Kali ini sang desainer mengolah pipa gas bekas menjadi badan lampu meja dengan modul besi sebagai armaturnya. Lain halnya dengan material yang digunakan pada lampu gantung. Ia bereksperimen menggunakan botol minuman bekas yang dirangkai menjadi kap lampu (armatur lampu)dengan kerangka besi berwarna hitam.

Kolaborasi material bekas yang diolah menjadi sesuatu yang baru dan unik menciptakan suasana baru pada interior ruang. Rangkaian produk daur ulang tersebut tentunya perlu diberi finishing berupa lapisan coating demi menjaga kualitas bahan dan warnanya agar tetap terlihat menarik serta tahan lama. Jadi, terbukti kan kalau menata ulang interior rumah itu tak selalu mahal?

Foto : Ifran Nurdin
Lokasi : Booth Natural House, pameran IFEX 2016

mengembangkan berbagai suku cadang sepeda tua seperti velg, ban roda, setang, tempat duduk, pedal pengayuh, rem, dinamo, dan rantainya yang dijadikan berbagai produk interior

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here