Empat Hal Penting dalam Mendesain Pot “Tumpah”

0
324

Seperti hal interior atau ruangan, taman juga membutuhkan focal point. Bila bingung, cara atau jenis tanaman yang bisa menarik perhatian, cobalah menanam “pot tumpah” di taman rumah. Sesuai dengan namanya, cara yang juga dikenal dengan nama spilled flower pot ini menghasilkan tampilan seolah tanaman “tumpah” dan menyebar di area taman.

Dengan tampilan yang unik tersebut, tanaman yang didesain seolah “tumpah” pasti dapat menjadi focal point sekaligus mempercantik area taman. Proses menanam pun sama seperti menanam tumbuhan pada umumnya, perbedaannya ialah desain atau tata letak tumbuhan hingga menghasilkan kesan seolah tanaman “tumpah” dari pot.

Cara ini juga media berkreasi bagi pecinta tanaman, semakin unik ide yang diterapkan, semakin menarik pula tampilan “pot tumpah” yang dihasilkan. Selain itu, setidaknya terdapat empat hal penting dalam mendesain tanaman “tumpah” yang perlu diperhatikan? Apa saja?

Pilih Lokasi di Taman

Area mana pun di taman tidak akan masalah, tetapi fokuskan pada area yang mudah dilihat orang, seperti di tengah taman. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan lokasi dengan kebutuhan tanaman. Bila tanaman tidak dapat terkena matahari langsung, pilihlah area yang teduh atau yang ternaungi sehingga sinar matahari siang tidak merusak tanaman.

Pilih Tanaman Berwarna cerah

Salah satu yang menarik pada tampilan pot tumpah ialah warna-warni tumbuhan yang seolah menyebar di area taman. Karena itu, dalam memilih tanaman, pilihlah yang berwarna cerah atau terang. Selain menyenangkan untuk dipandang, warna-warni tumbuhan tersebut dapat mempercantik dan memberi warna pada taman.

Jangan Lupakan Pot

Pot atau media yang “menumpahkan” tanaman memiliki peran penting utnuk menguatkan kesan “tumpah”. Berbagai benda dapat digunakan tergantung pada imajinasi dan gambaran keseluruhan tanaman yang ingin diciptakan. Anda dapat menggunakan pot baru, pot bekas, gerobak, teko, atau tong. Media berbentuk bundar atau memiliki bukaan yang lebar juga bisa dijadikan pilihan. Pot yang telah rusak atau salah satu sisinya sudah patah juga bisa digunakan, dengan cara ini bagian yang rusak dapat ditutupi karena pot umumnya diletakkan dalam posisi tidur.

Mendesain Tanaman Seolah “Tumpah”

Untuk menghadirkan kesan “tumpah”, penempatan pot dan penyebaran tanaman merupakan salah satu faktor yang penting. Tumbuhan biasanya ditanam sedikit di dalam bagian mulut atau tepat di ujung mulut pot dan memanjang ke area taman. Pola penyebarannya juga tidak perlu rata untuk memperkuat kesan yang ingin dibangun. Sementara pot diletakan dalam posisi tidur atau miring. Sebagian badan pot juga bisa ditanam untuk menguatkan kesan “tumpah” tersebut.

Foto: Paul Gaske

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here