Gelaran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2016

0
348

Indonesia International Furniture Expo (Ifex) 2016 resmi dibuka Jumat (11/03) lalu. Acara ini merupakan pameran mebel dan kerajinan B2B (business to business), menghadirkan pelaku utama industri mebel dan kerajinan Indonesia, serta dibuka untuk publik Indonesia dan kawasan regional. Berlangsung di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta, Ifex digelar selama empat hari, 11-14 Maret 2016.

Ifex diselenggarakan oleh Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) bekerja sama dengan PT Dyandra Promosindo, serta didukung oleh empat kementerian, yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, serta Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Pameran ini diikuti 429 peserta yang 28 di antaranya merupakan peserta asing dari sembilan negara. Dengan tema, “The Essence of Infinite Innovation”, Ifex kali ini menargetkan 10 ribu pengunjung, dengan transaksi on the spot US$350 dan transaksi follow up sejumlah US$1 miliar. Sementara tahun lalu, pameran ini dikunjungi 8.595 orang dengan transaksi on the spot US$270 juta serta transaksi follow up senilai US$700 juta.

Melalui tema ini pula, AMKRI ingin mendorong pelaku industri untuk terus meningkatkan inovasi dan kreativitas. Dengan begitu, dapat menghasilkan produk unggulan yang memiliki nilai tambah optimal dan dapat menjadi market leader di pasar global.

Ifex tahun ini sedikit berbeda dengan hadirnya Hall of Excellence di Hall C. Hall of Excellence merupakan hall dengan perusahaan peserta pameran yang dikurasi, berisi perusahaan-perusahaan menengah besar. AMKRI juga bekerja sama dengan Indonesia Desainer menghadirkan Desainer Area di Hall D, Trade Mart, dan Hall B3.

Sebelum ini rangkaian acara juga sudah digelar untuk memeriahkan Ifex 2016, mulai dari pre-event, program buyers gathering di Koeln Jerman, vip buyers dinner, journalist welcome dinner, serta overseas delegation welcome dinner. Sementara saat pameran berlangsung, ada program opening ceremony, The 2nd Indonesia Furnicraft Buyers Appreciation Award (BAA), buyers & exhibitors night, IFEX Awards (best stand, best furniture design, best craft design), serta seminar “Reimagining Craft and Design in Asia”. Selain itu, bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, lebih dari 7.000 bibit pohon dibagikan secara cuma-cuma kepada para pengunjung.

Pemenang dari The 2nd Indonesia Furniture & Craft Buyers Appreciation Award (BAA) sendiri diumumkan pada acara pembukaan yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. Tiga buyers internasional dipilih, yakni Yamazen Corporation (Jepang), A-Amerika, Inc. (USA) dan IKEA Supply AG (Swedia).

“Melalui penghargaan ini, AMKRI ingin memberikan apresiasi kepada para buyers yang telah memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia dalam bentuk peningkatan pendapatan negara melalui sektor mebel dan kerajinan, khususnya yang telah bekerja sama lebih dari lima tahun. Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan para buyers yang mendapatkan penghargaan tersebut dapat lebih banyak lagi membeli produk mebel dan kerajinan dari Indonesia, serta mendorong buyers lainnya untuk lebih mempererat kerja samanya dengan Indonesia,” ujar Hatta Sinatra, Ketua Penyelenggara BAA yang juga mantan Ketua AMKRI.

Foto: Dok. Ifex

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here