Hari Ini Komet ‘Kembar’ Melintasi Bumi

0
345

Hari Ini Komet 'Kembar' Melintasi Bumi Dua komet diprediksi akan terbang melintasi Bumi dalam jarak terdekatnya pada hari ini, 21 Maret 2016. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani) Jakarta, CNN Indonesia — Dua komet diprediksi akan terbang melintasi Bumi dalam jarak terdekatnya pada hari ini, 21 Maret 2016 dan besok (22/3). Dua komet ini memang dianggap sebagai 'kembaran'.
Tim astronom telah menemukan komet P/2016 BA14 pada Januari lalu. Komet ini kemudian dianggap memiliki orbit serupa dengan komet 252P/LINEAR yang telah ditemukan pada 2000 silam. Para astronom pun berpikir bahwa keduanya adalah 'kembar'.
"Komet P/2016 BA14 sangat mungkin merupakan pecahan dari 252P/LINEAR. Keduanya bisa berhubungan karena orbitnya sungguh mirip," klaim peneliti NASA Paul Chodas dari Jet Propulsion Laboratory.
Observasi yang sebelumnya dilakukan memang menunjukan bahwa dua komet kembar ini memiliki struktur rapuh, dengan BA14 yang ukurannya yang lebih kecil dari 252P.
Tercatat komet 252P akan terbang melintas dekat Bumi pada jarak 5,3 juta kilometer yang dijadwalkan sekitar pukul 8.14 waktu EDT atau 19.14 WIB malam ini.

Lihat juga:

NASA Punya Satuan Khusus Lindungi Bumi dari Asteroid

Sementara komet BA14 akan terbang melintas pada jarak 3,5 juta kilometer dari Bumi sekitar pukul 10.30 waktu EDT atau pada 21.30 WIB esok hari, (22/3).
Diketahui jarak 3,5 juta kilometer tersebut diklaim berada di posisi ketiga jarak terdekat komet terhadap Bumi sepanjang sejarah.
"Dua komet ini akan melintasi Bumi dalam jarak dekat tanpa timbulkan bahaya, jadi jika ingin menyaksikan mereka, Anda perlu teleskop canggih karena ukuran komet kembaran ini terbilang kecil," tutur pihak NASA.
(eno)

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here