Ini Dia Cara Tepat Mengecat Dinding Rumah

0
253

Mengubah warna cat dinding merupakan salah satu cara paling ampuh dalam mengubah suasana rumah. Perubahan warna dapat dilakukan pada seluruh dinding atau hanya sebagian bidang saja. berapapun luas bidang dinding yang Anda cat, pilihan warna baru tersebut akan membuat rumah tampil beda dan menyenangkan.

Mengecat dinding rumah sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda sendiri. Meskipun terlihat sepele, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi mendapatkan hasil yang indah, rapi dan juga tahan lama. Berikut ini adalah tips mengecat rumah dengan cara yang benar.

Hitung Kebutuhan Cat

Pertama, Anda harus menghitung luas tembok yang akan dicat ditambah luas plafon jika Anda menginginkan warna yang sama pada plafon. Setelah itu kurangi dengan total luas jendela dan pintu. Langkah akhir, jumlah tersebut dibagi dengan daya sebar cat yang biasanya tercantum pada kemasan kaleng cat.

Masing-masing merk cat memiliki daya sebar yang berbeda. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya menghitung kebutuhan cat agar sesuai dengan kebutuhan. Baca juga artikel Cara Tepat Hitung Kebutuhan Cat untuk informasi perhitungan lebih detil.

Bersihkan Dinding

Pastikan dinding yang akan dicat dalam keadaan bersih dan bebas debu. Jika sebelumnya dinding pernah dicat, maka sebaiknya kerok lapisan cat sebelumnya agar lapisan berikutnya tidak menggumpal atau bergelombang.

Kosongkan Area Sekitar Dinding

Untuk meminimalisir kemungkinan terkena cipratan cat, sebaiknya kosongkan area di sekitar dinding dari furnitur atau aksesori rumah lainnya. Jika tak memungkinkan menggeser furnitur, maka lapis permukaan kursi menggunakan plastik atau koran. Hal serupa juga dapat digunakan untuk melindungi lantai dari tetesan cat.

Pilih Kuas Yang Tepat

Ada berbagai jenis kuas cat yang bisa Anda gunakan. Pilih kuas roller untuk mengecat bidang dinding yang luas. Sementara untuk mengecat sudut dinding atau bagian-bagian yang kecil, Anda bisa menggunakan kuas kecil.

Foto : My painter

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here