4 Desain Ruang dengan Skema Warna Gelap yang Atraktif dan Elegan

0
2

menunjukan karakter unik sungguh luar biasa. Gagasan desain yang menampilkan karakter tegas, formal, , penuh semangat.

Interiordesign.id – Penggunaan skema warna gelap atau dark color, sebenarnya cukup populer dalam desain interior. Skema warna gelap merupakan satu cara unik menampilkan gagasan interior yang penuh dengan kejutan, dan tampilan yang sangat , sekaligus elegan.

Meski sangat jarang kita temui digunakan sebagai skema warna utama interior rumah dan atau apartemen; karena dianggap memiiki kecenderungan memberi efek negatif ke dalam ruang; kombinasi warna-warna gelap sebenarnya sangat menarik. Warna-warna gelap seperti dark grey atau bahkan hitam, memiliki kecenderungan menampilkan ketegasan dan citra maskulinitas yang sangat kuat.

Warna-warna gelap seperti dark grey atau bahkan hitam, memiliki kecenderungan menampilkan ketegasan dan citra maskulinitas yang sangat kuat.

Anggapan bahwa skema warna gelap bertanggungjawab terhadap suasana dan nuansa ruang yang suram, kusam, dan tidak memberikan ketenangan, sebenarnya tidak memiliki cukup alasan. Skema warna gelap justru menjadi satu gagasan desain yang melabrak kebiasaan lama untuk menghadirkan sebuah ruang yang penuh energi dengan estetika yang mumpuni.

desain ruang dengan skema warna gelap; modern gothic

desain modern-gothic. ~ via archello

Popularitas gaya desain interior minimalis yang mempopulerkan penggunaan warna-warna netral; putih dan krem; skema warna-warna lembut dengan garis bersih yang memikat, semakin menenggelamkan kemungkinan skema warna gelap untuk dapat memiliki kesempatan menunjukan diri sebagai sesuatu yang layak.

Penggunaan skema warna-warna netral memang bertanggungjawab terhadap anggapan dasar, bahwa warna gelap tidak cocok digunakan sebagai skema warna utama interior tempat tinggal.

Desain ruang dengan skema warna gelap, selain dipandang tidak cocok dan tidak ideal untuk hunian; apalagi pada ruang-ruang yang berukuran kecil; adalah salah satu pilihan kombinasi warna yang paling sulit untuk digunakan.

Gagasan-gagasan desain untuk menghadirkan suasana yang dapat memberi ketenangan, semakin menyingkirkan potensi penampilan ruang yang atraktif, formal, dan elegan yang dihadirkan penggunaan skema warna gelap.

Namun, seiring perkembangan gagasan dan konsep desain interior, dengan penataan dan penggunaan elemen dekoratif yang pas, ruang dengan skema warna gelap justru menunjukan karakter uniknya yang luar biasa. Sebuah gagasan desain interior yang melahirkan suasana dan nuansa ruang yang sangat tidak biasa.

Baca juga: Desain Ruangan Warna Hitam, Pilihan Warna “Gelap” yang Tampil Berani dan Bertenaga

Tren terbaru konsep ruang dengan skema warna gelap

Interior berwarna gelap melahirkan nuansa tegas pada setiap ruang.

Skema warna gelap memberikan penampilan ruang yang terlihat lebih natural, maskulin, dan sedikit nuansa gothik.

desain ruang dengan skema warna gelap; desain ruang tamu dengan aksen diinding warna gelap yang atraktif

desain ruang tamu minimalis dengan aksen diinding warna gelap yang tampak atraktif. ~ via pinterest

Terkecuali ruang dengan gaya desain interior maksimalis atau bahkan bohemian dan chic, skema warna gelap sebenarnya sangat cocok dipadukan dengan gaya desain interior apapun, tak terkecuali gaya minimalis. Desain ruang dengan skema warna gelap, justru menjadi cara terbaru untuk menunjukan penampilan ruang dengan karakter yang tegas.

Paduan Warna Interior Rumah Minimalis, Mengubah yang Biasa Menjadi Luar Biasa

Semakin naiknya popularitas gaya desain interior yang lebih menonjolkan kesan artsy dan artistik, juga menjadi bukti bahwa skema warna gelap dapat menjadi satu alternatif kombinasi warna yang beroposisi langsung dengan skema-skema warna netral dan natural yang mulai tampak membosankan.

desain ruang dengan skema warna gelap; desain kamar tidur ala swedish

Desain ruang dengan skema warna gelap, justru menjadi cara terbaru untuk menunjukan penampilan ruang dengan karakter yang tegas.

Efek psikologi dalam ruang dengan skema warna gelap

Kekuatan dan otoritas yang terkandung dalam warna hitam mewakili semangat formal, elegan, dan menjadi satu warna yang paling prestisius.

Bagi sebagian orang, desain ruang dengan skema warna gelap mungkin dapat memberikan rangsangan semangat.

Efek psikologi ruang dengan skema warna gelap memang sangat spesial, tidak mudah menemukan konsep ruangan terbaik menggunakan gagasan skema dan kombinasi warna terbaik dengan penggunaan warna-warna utama yang cenderung gelap.

Berdasar psikologi warna, hitam atau gelap, selain selalu diasosiasikan dengan kematian, kejahatan, dan juga kesan misterius, juga dapat mewakili kekuatan dan ketegasan. Kekuatan dan otoritas yang terkandung dalam warna hitam mewakili semangat formal, elegan, dan menjadi satu warna yang paling prestisius.

desain ruang dengan skema warna gelap; skema warna interior kamar tidur

interior kamar tidur dengan penampilan yang tampak elegan dan bertenaga. ~ via pinterest

Kompatibilitas warna hitam atau warna-warna gelap tidak dapat diragukan lagi memiliki tampilan yang begitu memesona. Satu cara paling unik untuk dapat menampilkan visual ruang yang tidak mungkin didapatkan dari penggunaan warna-warna netral seperti putih atau krem.

Yang paling penting saat berencana memikirkan gagasan desain ruang dengan skema warna gelap adalah; bagaimana instalasi pencahayaan harus dapat dipikirkan dengan baik.

Pencahayaan -alami maupun artifisial-, yang berpadu dengan penggunaan model dan desain lampu yang unik, dijamin mampu menyulap ruangan dengan warna gelap menjadi tampak terlihat luar biasa dan bahkan melahirkan suasana yang formal sekaligus elegan.

Berikut 4 contoh desain ruang dengan skema warna gelap; yang memberi gambaran dan inspirasi bagaimana memiliki tampilan ruang yang atraktif, penuh semangat dan bertenaga.

desain ruang dengan skema warna gelap; desain kamar mandi menggunakan warna hitamdesain ruang dengan skema warna gelap; desain dapur dengan skema warna hitam yang formal dan elegan

6 Skema Warna yang dapat Anda Gunakan untuk Mempercantik Interior Ruang

desain ruang dengan skema warna gelap; tegas, berani, elegan

desain ruang dengan skema warna hitam; ruang tamu dengan skema warna hitam yang atraktif

black living room. ~ via interior ideas

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: desain warna ruangan, Kombinasi warna cat interior rumah minimalis, Kombinasi warna cat rumah, psikologi warna, skema warna, warna, warna cat, Warna cat interior



Source link

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here