TOP 3 SOFTWARE PC UNTUK MENDUKUNG DESAIN INTERIOR

0
4

Di era modern sekarang ini, dalam membuat sebuah sangat dekat sekali hubungannya dengan perangkat komputer. Karena perkembangan teknologi yang maju membuat segala kinerja dalam membuat desain kita dapat menjadi lebih mudah dan efisien. Nah, sekarang saya akan membagikan kepada kalian semua 3 yang sering digunakan dalam membuat sebuah desain.

Google Sketchup

D:#SEMESTER 6KULIAH SEMINARARTIKEL POPULERIMAGEimages.png Software satu ini merupakan salah satu aplikasi yang paling popular di kalangan interior design, karena aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat bentuk 3D dari desain kamu. Google Sketchup atau biasa disebut Sketchup saja, merupakan software yang cenderung mudah untuk digunakan sebagai modelling 3D, karena fitur – fitur yang disediakan oleh Google Sketchup ini sendiri membuat pekerjaan kita jadi lebih mudah. Mulai dari tools-tools yang disediakan, tools dari sketchup cukup mudah untuk digunakan, selain itu juga banyak plug-in yang disediakan juga sehingga mempermudah dalam membuat bentuk 3D yang unik dan rumit.

Google sketchup juga menyediakan website bawaanya untuk mengunduh 3D model yang dibuat oleh orang lain, yaitu 3D Warehouse. Dalam 3D Warehouse ini kita bisa mencari dan mengunduh berbagai model untuk mempersingkat waktu dalam membuat 3D. serta juga beberapa brand ada yang tersedia 3D modelnya di 3D Warehouse.

Tampilan 3D Warehouse

 

Selain itu melalui Sketchup ini kita juga bisa membuat 3D model yang kita buat supaya terlihat asli melalui proses render dengan menggunakan extension. Extension yang paling sering digunakan biasanya adalah Vray Sketchup.

Tampilan 3D model sebelum diproses Render.Tampilan gambar setelah diproses Render menggunakan Vray Sketchup.

Autodesk 3DS Max

D:#SEMESTER 6KULIAH SEMINARARTIKEL POPULERIMAGE94c8706d0c1a367d998d77d7ba230038.jpg Software 3DS Max ini pada dasarnya adalah software yang sering digunakan oleh 3D animator untuk membuat animasi-animasi yang biasa kita lihat sebagai iklan maupun film animasi. Akan tetapi software yang satu ini juga sering sekali digunakan oleh desainer interior dan arsitektur untuk membuat render dan modelling 3D. Tetapi untuk modelling dalam 3DS Max memiliki sifat yang lebih advance, sehingga kebanyakan interior desainer menggunakan 3DS Max ini untuk membuat render dari modelling yang sudah ada.

Pada 3D Artist Interior, software ini lebih banyak digunakan untuk membuat gambar render dengan menggunakan extension yang berbeda-beda, seperti Vray, Corona, dan bisa juga dengan extension bawaan dari aplikasi ini sendiri yaitu Mental Ray. Berikut ini adalah contoh tampilan software 3DS Max pada saat modelling, dan tampilan gambar setelah diproses render menggunakan Vray.

 

Tampilan pada saat tahap 3D modelling.
Tampilan hasil setelah diproses render menggunakan Vray 3DS Max

 

Autodesk AutoCad

Software yang satu ini berbeda dengan 2 software sebelumnya, karena secara fungsi software ini cenderung digunakan untuk membuat gambar teknik yang biasa juga disebut gambar kerja. Dimana gambar yang dihasilkan ini berguna untuk memberikan informasi kepada kontraktor untuk merealisasikan desain yang ditawarkan.

 

Melalui software ini, pekerjaan untuk gambar teknik jadi dipermudah melalui fitur-fitur yang disediakan dari software ini. Dan meski dari itu, software ini juga dapat membuat 3D model juga, serta dapat memproses render juga. akan tetapi hasil yang diberikan tidak semaksimal dari dua aplikasi sebelumnya.

Tampilan pada saat di software autocad.
Tampilan pada saat di software autocad.

 

Tampilan setelah di export menjadi format .pdf Sehingga lebih mudah untuk dibaca oleh kontraktor.

Jadi dari ketiga software di atas, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Setiap orang pun juga memiliki software favoritnya masing-masing, semua didasarkan dari kenyamanan saat menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu ketiga software itu dapat menjadi pelengkap satu dengan yang lainnya, karena setiap software memiliki fungsinya sendiri-sendiri dan membuat pekerjaan jadi lebih mudah dan efisien.

 

Source link

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here