Menentukan Ukuran Karpet Berdasarkan Penempatannya

0
194

Karpet merupakan salah satu elemen dekorasi yang bisa digunakan untuk mendukung tampilan interior. Dengan adanya karpet, kesan hangat dan nyaman dapat dihadirkan dalam ruang. Namun, tidak hanya sebatas kesan, karpet memang dapat membuat area duduk di ruang tamu atau keluarga menjadi lebih nyaman. Selain itu, karpet yang besar juga bagus untuk menonjolkan sisi ruang dan tentunya mengurangi suara bising langkah kaki. Meskipun terlihat sederhana, menentukan ukuran karpet, terlebih bila disesuaikan dengan penempatannya terkadang bukanlah hal yang mudah. Umumnya, ada tiga penempatan karpet yang bisa digunakan dalam ruang tamu atau keluarga, seperti berikut ini.

Seluruh Furnitur Berada di Atas Karpet

Cara ini merupakan cara klasik yang masih sering digunakan. Karpet untuk tampilan seperti ini tentunya membutuhkan ukuran yang besar, cukup besar untuk menampung seluruh furnitur dalam ruang di atasnya. Dengan kata lain, karpet menjadi alas untuk semua furnitur, seperti sofa, coffee table, ataupun single chair dalam ruang. Karpet sebesar ini bagus untuk menimbulkan kesan menyatu dalam ruang.

Menentukan Ukuran Karpet Berdasarkan Penempatannya

Kaki Depan Furnitur Berada di Atas Karpet

Karpet dengan tampilan seperti ini juga membutuhkan ukuran yang luas. Dengan cara ini, sebagian furnitur sepenuhnya beralaskan karpet dan sisanya hanya kaki depannya saja. Misal, keseluruhan kaki sofa berada di atas karpet, tetapi untuk single chair berikutnya hanya kaki depannya yang berada di atas karpet. Begitu pun untuk side table, bisa jadi hanya sebagian atau salah satu kaki yang dialaskan karpet.

Semua Furnitur Tidak Berada di Atas Karpet

Cara ini barangkali sudah umum digunakan. Karpet akan berada di tengah-tengah dan ruang dan hanya meja atau coffee table yang berada di atasnya. Sisanya, sofa, kursi, atau single chair diletakkan di tepi karpet. Namun, jangan letakkan terlalu jauh agar ruang tetap dapat tampil menyatu. Karpet seperti ini umumnya tidak terlalu besar dan pastikan panjangnya lebih kecil atau sama dengan sofa atau tempat duduk terbesar yang ada dalam ruang.

Menentukan Ukuran Karpet Berdasarkan Penempatannya

Foto: Tri Rizeki Darusman

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here