Mengatasi Stroke Dengan Teripang

0
286

Mengatasi Stroke Dengan Teripang – Teripang disebut juga terpan atau timun laut. Istilah ini diberikan untuk hewan laut yang tergolong dalam keluarga holothuroidea. Gerakan lambat, hidup di dasar substrat pasir, lumpur pasaran, maupun dalam lingkungan terumbu. Binatang ini tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam, terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat.

Teripang memiliki tubuh memanjang dengan permukaan kulit agak kasar. Dalam kehidupan kesehariannya, hewan yang juga disebut gamat tersebut mengonsumsi plankton dan bahan-bahan organik lain yang ada di dasar laut. Gamat berkomunikasi dengan sesamanya menggunakan sinyal berupa hormon yang dikirim melalui perantara air, kemudian diterima oleh gamat lainnya.

Terdapat kurang lebih 1000 spesies gamat. Namun yang dapat dijadikan bahan makanan tidak lebih dari 40 spesies saja, karena sebagian besar diantaranya beracun, Beberapa spesies teripang yang mempunyai nilai ekonomis penting di antaranya teripang putih (Holothuria scabra), teripang koro (Microthele nobelis), teripang pandan (Theenota ananas), teripang dongnga (Stichopu ssp) dan beberapa jenis teripang lainnya. Dan satu diantara gamat yang dapat dikonsumsi dan memiliki nilai pengobatan yang istimewa adalah gamat spesies Stichopus hermani atau gold gamat (gamat emas).

Baca Juga : Mengatasi Stroke Dengan Daun Salam

Dalam sejarah tradisional Cina, teripang atau gamat telah dikenal dan dimanfaatkan sejak lebih dari 1000 tahun yang lalu. Pemanfaatan teripang dimaksudkan untuk membantu mengatasi keluhan seperti menyembuhkan luka, meredakan rasa sakit di persendian, dan memperlancar sirkulasi darah. Secara umum, gamat dikonsumsi sebagai hidangan spesial untuk menjaga kesehatan karena dinilai sebagai ginseng laut.

Mengapa teripang mempunyai khasiat demikian? Hal ini tidak luput dari kandungan hewan tersebut yang sangat baik bagi kesehatan. Diketahui bahwa hewan ini mengandung banyak zat gizi seperti protein, mineral, omega-3, dan bio active element. Penelitian di berbagai Universitas di seluruh dunia membuktikan bahwa teripang/gamat memiliki kandungan cell growth factor (faktor regenerasi sel) sehingga mempu merangsang regenerasi/pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak/sakit bahkan membusuk, sehingga menjadi sehat/pulih kembali.

Keistimewaan lainnya, gamat mengandung semua asam amino, semua mineral, dan semua vitamin kecuali vitamin K. Ia juga mengandung lebih dari 50 jenis gizi seperti protein, lemak, gula, vitamin (B1 dan B2) asid nikotinik, kalsium fosfat, zat besi, iodin, vanadium, zink, kalium, kromium, asid benzoid, kondrotin, sulfat dan lain-lain. Kandungan protein dalam bentuk asid-asid amino seperti arginina, sistina, dan histina sangat diperlukan untuk tubuh karena merupakan asas kepada pembentukan deosiribonuekleik asid (DNA).

Menurut M. Ahkam Subroto, periset Bioteknolog LIPI, kandungan protein tinggi pada teripang mencapai 82 % baik diberikan kepada penderita dabetes. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulin meningkat.

Mengatasi Stroke Dengan Teripang

Studi di Cina mengungkapkan bahwa gamat juga mengandung saponin glycosides. Komponen ini mempunyai suatu struktur yang sama dengan komponen ginseng yang aktif, ganoderma, dan tumbuhan bumbu tonik yang terkenal. Studi Cina menunjukan adanya antikanker pada saponin dan polisakarida yang terkandung di dalam gamat. Studi modern ini membuktikan bahwa gamat dapat digunakan sebagai suatu tonik dan suplemen gizi.

Dalam penelitian yang dilakukan secara modern telah membuktikan bahwa gamat bermanfaat untuk penyakit musculoskeletal inflammatory, khususnya arthritis rematik, osteoarthritis, dan ankylosing spondylitis, penyakit rematik yang mempengaruhi tulang belakang. Sedangkan dalam penelitian medis, lektin telah ditemukan mempunyai efek therapeutic pada human immunodeficiency virus (HIV). Hasil tes laboratorium yang menggunakan sel limfoid menunjukan bahwa lektin tumbuhan yang dikenal sebagai jacalin, secara sempurna, dapat menghalangi virus HIV. Selain kemampuannya menggumpalkan sel-sel yang sangat berbahaya, lektin juga berperan sebagai indikator adanya tumor.

Dalam kaitannya dengan penyakit stroke, teripang mampu melembutkan dan melebarkan pembuluh darah, menjaga elastisitas pembuluh darah, serta mengurangi kekentalan darah. Kandungan Glucosaminoglycans dalam teripang mencegah penggumpalan darah sehingga dapat menstabilkan tekanan darah. Selain itu, pengurangan konsumsi garam dalam diet akan membantu dalam proses mempercepat penyembuhan.

Efektifitas teripang yang mengencerkan darah beku disebabkan oleh kandungan mucopulusacharida (MPS) yang populer sebagai glycosaminoglycans (GAGs). MPS dan GAGs pada gamat memberikan efek pelendiran dinding sel. Artinya, teripang sebagai antithrombogenik untuk mencegah penggumpalan melalui pengenceran darah.

Sejauh ini, belum ada data mengenai cara penggunaan teripang atau gamat terhadap pengobatan stroke. Namun yang jelas, saat ini telah tersedia bentuk ekstrak yang dapat Anda dapatkan di pasaran. Ekstrak teripang cukup membantu mengatasi stroke.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh teripang/gamat adalah stroke, asma, jantung koroner, kencing manis dan luka gangrene, kanker (tumor), gagal ginjal, chirosis hepatis, asam urat, rematik, wasir, osteoporosis (pengeroposan tulang), alergi saluran pernapasan (bersin, pilek, sinusitis, asma), alergi kulit (eksim, gatal), darah tinggi. Selain itu, di pembuluh darah, penurunan fungsi liver, rambut rontok, pembesaran prostat, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Mengatasi Stroke Dengan Bunga Mawar

The post Mengatasi Stroke Dengan Teripang appeared first on infoloka.com.

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here