Menikmati Cita Rasa Vietnam di Namnam Noodle Bar

0
299

Pendaran cahaya dari lampion-lampion berwarna merah dan kuning menjadi salah satu dari daya tarik Namnam Noodle Bar. Dua warna pada lampion tersebut merupakan representasi bendera Vietnam yang menegaskan suasana dan aneka menu makanan yang disajikan.

Restoran yang berlokasi di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta ini, menyajikan berbagai menu makanan khas Vietnam, khususnya mi (noodle). Suasana warung-warung makan kaki lima di jalanan Kota Hanoi, Vietnam, merupakan inspirasi interior restoran dalam interpretasi desain yang lebih modern. Dengan demikian, pengunjung dibuat serasa sedang menikmati kuliner khas Vietnam langsung di negeri asalnya.

namnam

Material logam (metal), kayu bekas palet, serta saluran utilitas yang diekspos di langit-langit cukup banyak dijumpai di restoran ini. Aplikasi ketiga material tersebut merupakan upaya dari desainer interior dalam mengusung karakter suasana jalanan yang terkesan kasar, sedikit bising, dan apa adanya. Desainer interior “membingkai” karakter tersebut dalam penyelesaian interior bergaya modern industrial yang menarik. Sementara itu, kekhasan budaya Vietnam ditampilkan melalui penggunaan lampion, dinding anyaman bambu (gedhek), dan dinding batu bata ekspos.

namnam

Sebagai focal point interior restoran, terdapat area noodle bar yang memungkinkan pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan dan penyajian makanan di open kitchen yang terdapat di area belakangnya. Posisi noodle bar tersebut dirancang strategis sehingga mudah diakses secara visual, baik dari pintu masuk restoran maupun dari berbagai sisi di dalam restoran. Adapun area makan (booth and banquette seating) diatur untuk memberi sedikit privasi kepada pengunjung saat menikmati makanan dan minuman yang dipesan.

Pengelola restoran menerapkan sistem fast moving untuk memastikan banyaknya perputaran atau pergantian pengunjung. Kebutuhan tersebut direspons oleh desainer interior dengan memanfaatkan seating capacity serta menggunakan furnitur yang praktis dan fleksibel tanpa mengurangi kenyamanan pengunjung. Konsep furnitur yang digunakan adalah sederhana, ringan, serta dengan sedikit sentuhan industrial. Hal tersebut dapat terlihat melalui paduan antara elemen rotan, kayu, dan besi pada beberapa meja dan kursi. Penerapan variasi bentuk dan ukuran furnitur ditujukan agar suasana restoran tidak terkesan monoton sehingga pengunjung tidak cepat merasa bosan.

namnam

Suasana restoran lebih terasa “hidup” dengan “permainan” cahaya lampu. Di bagian depan, terdapat lampu gantung yang “dibingkai” dengan lampion bergaya modern industrial. Untuk menerangi dinding dan beragam aksesori, desainer interior juga menerapkan indirect lighting dan spot lighting. Cahaya kuning yang terpancar memberikan efek suasana ruang yang nyaman dan “dramatis”. Suasana interior restoran ini tampak dari luar bangunan berkat desain fasad bangunan yang didominasi kaca. Senada dengan interiornya, desain fasad bangunan juga menerapkan konsep modern industrial.

namnam

Fotografer : Tri Rizeki Darusman

LOKASI : Namnam Noodle Bar, PIK, Jakarta

DESAIN INTERIOR : Metaphor

*Artikel ini disadur dari tulisan berjudul “Cita Rasa Vietnam” yang terbit di majalah Griya Asri edisi Januari 2016 dan ditulis olehHafidh Aditama

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here