Merah dan Kuning, Warna yang Dapat Merangsang Konsentrasi

0
298

Anda mengecat ruang belajar Anak Anda dengan warna putih? Mungkin Anda harus berpikir ulang. Para peneliti dari Curtin University, Australia mengungkap bahwa para siswa yang belajar di ruangan yang berwarna merah dan kuning dapat lebih meningkatkan konsentrasi dibanding siswa yang belajar di ruangan berwarna pucat atau pastel.

Dalam penelitian terebut, siswa diminta untuk membaca dan menjawab soal pilihan ganda di ruangan dengan enam skema warna yang berbeda, yakni warna-warna pucat, biru, merah dan kuning. Skor pemahaman para siswa tersebut secara signifikan lebih tinggi ketika mereka belajar di ruangan berwarna merah dan kuning. Warna pucat cenderung membuat para siswa menjadi lebih santai dalam belajar. (Baca juga: Eksplorasi Warna Merah pada Furnitur Rumah )

Pemimpin dalam penelitian ini Aseel Al-Ayash mengatakan, “Warna terang dapat mendukung kinerja belajar siswa secara positif karena mempengaruhi keadaan psikologis dan fisiologis. Jika tugas yang mereka kerjakan sulit dan membosankan, warna-warna cerah yang lebih hidup dapat meningkatkan semangat mereka ke tingkat yang optimal.”

Ruang belajar pada umumnya berwarna pucat atau bahkan putih karena dianggap dapat memberikan ketenangan. Hanya saja menurut Aseel aspek ketenangan dan relaksasi tidak dapat membantu siswa untuk aktif. Warna teranglah yang dapat membangkitkan dan merangsang aktivitas syaraf. (Baca juga: Mendesain Kamar Mandi dengan Warna Kuning )

Foto: dailymail

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here