Peluang dari Ikan Mas Oranda yang Kian Populer

0
341

Peluang dari Ikan Mas Oranda yang Kian Populer – Ikan mas koki termasuk ikan legendaris dan populer di kalangan pecinta ikan, bahkan sempat menjadi tren ikan hias pada tahun 1980-an. Bentuk fisik ikan mas koki ini memiliki sosok unik dan lucu. Pendek, gempal dan bulat. Siripnya indah, sisik bercorak variatif. Daya tariknya bukan hanya karena tubuhnya yang unik. Warnanya juga menjadi pemikat penghobi ikan di dunia. Ada banyak jenis dari Ikan Mas Koki di Indonesia, namun utnuk jenis Oranda, kini sangat populer di antara penghobi. Seperti apakah keunikan ikan mas koki ini?

Ikan Mas Koki atau yang bisa disebut juga dengan Ikan Mas Hias (Carassius auratus auratus) merupakan jenis ikan air tawar yang berhabitat di air mengalir seperti sungai yang berada di pedalaman hutan. Ikan Mas Koki dalam penyebarannya cukup luas, mencakup wilayah Asia Timur seperti Jepang, Tiongkok, Thailand dan Indonesia. Ikan Mas Koki merupakan ikan hias akuarium terfavorit yang dipelihara manusia, oleh sebabnya hingga kini lebih dari 10 jenis antara lain ikan Mas Koki Demekin, Ryukin, Ranchu, Tosa, Butterfly, Mutiara, Mata Balon, Oranda dan beragam jenis Mas Koki lain yang tergolong langka. Setiap jenis ikan Mas Koki memiliki perbedaan fisik dan kelebihan tersendiri Sehingga menciptakan variasi yang beragam.

Dan kini yang makin populer dan memiliki permintaan pasar cukup tinggi adalah ikan Mas Koki jenis Oranda. Jenis ini diyakini berasal dari Cina dan Jepang. Dengan topi merah yang ada di kepala dan 4 ekor berumbai yang panjang ikan ini banyak dicari oleh penghobi ikan hias

Oranda adalah jenis Mas Koki yang sangat terkenal di seluruh dunia karena kecantikannya. Di Jepang oranda dikenal sebagai shishigashira, di Cina disebut dengan hon mao tze. Di Indonesia, oranda lebih dikenal dengan nama Mas Koki Penser. Oranda adalah jenis ikan Mas Koki yang memiliki ciri adanya tonjolan-tonjolan yang menyerupai buah berry (raspberry) yang membungkus kepalanya. Tonjolan-tonjolan kepala (dikenal dengan sebutan wen) ini membungkus hampir seluruh bagian kepala, kecuali mata dan mulut. Karena adanya tonjolan-tonjolan daging pada bagian atas kepala dan sisi wajahnya inilah yang menyebabkan Oranda menjadi salah satu ikan Mas Koki paling populer.

Oranda adalah ikan koki yang memiliki sisik berwarna metalik atau matte yang mirip penampilan Mas Koki veiltail. Oranda memiliki tubuh besar dan panjang, serta ekor yang bisa mencapai empat kali lipat panjang tubuh. Ekor berbentuk empat rumbai dan mampu berkontraksi ini biasanya akan melebar ketika oranda berhenti berenang. Bagian punggungnya tidak meninjol membentuk punuk seperti halnya Ryukin.

Oranda terdapat dalam berbagai warna tubuh, paling banyak berwarna oranye, merah, merah-putih, merah-hitam, hitam-biru, cokelat, perunggu, putih atau perak, hitam-putih (warna panda), merah-hitam-putih (triwarna) dan warna kaliko. Baru baru ini jenis oranda bersisik biru telah dikembangbiakkan, tetapi ikan ini masih sangat jarang. Mas Koki oranda sangat sensitif terhadap suhu dingin, melebihi jenis ikan Mas Koki lainnya.

Harga ikan Mas Koki terbilang lebih stabil dibandingkan dengan ikan hias lain dan ikan konsumsi. Hal ini terjadi karena proses perkawinan bisa dilakukan kurang dari 3 bulan sekali dan dalam sekali kawin, 1 induk betina Mas Koki bisa menghasilkan hingga 5000 butir telur. Dari 5000 butir telur yang dapat menjadi Mas Koki kontes dengan harga jual tinggi bisa mencapai 800-900 ekor. Saat ini harga ikan Mas Koki cukup bervariasi. Mas Koki anakan usia 1 bulan Rp 250/ ekor, Usia 3-4 bulan Rp 2.500/ekor, usia 7-9 bulan Rp 100-200 ribu/ekor dan Mas Koki kontes usia 7-9 bulan bisa mencapai 500-1 juta/ ekor.

Baca Juga : Peluang Bisnis Budidaya ikan Nila Sangat Prospek

Menurut Marsudi pemerhati dan pembudidaya Mas Koki dari Balai Benih Ikan Jagakarsa, permintaan Mas Koki Oranda cukup tinggi bahkan ada yang diekspor ke sejumlah negara seperti Singapura dan Malaysia. Marsudi menambahkan di Balai Benih Ikan Jagakarsa saja setiap kali panen bisa mencapai ribuan ekor Mas Koki dan itu laku terjual semua, hal itu membuat bisnis ikan Mas Koki cukup potensial terlebih Mas Koki kelas kontes. Ita salah satu petani Mas Koki binaan Balai Benih Ikan Jagakarsa mengatakan, pada dasarnya semua jenis usaha di bidang agribisnis menguntungkan tergantung bagaimana cara merawatnya saja.

Peluang dari Ikan Mas Oranda yang Kian Populer

Menurut Ita Petani mas Koki binaan Balai Benih Ikan Jagakarsa pemula bisa membangun usaha budidaya mas Koki dari nol atau langsung besar-besaran tergantung modal yang dimiliki. Untuk membangun 12 kolam sekaligus dengan segala peralatan setidaknya bisa mencapai Rp 50 juta hingga Rp 200 juta tergantung jenis kolam. Jika ingin memulai usaha Mas Koki yang ingin mendapatkan hasil maksimal setidaknya dibutuhkan 10 kolam baik untuk anakan maupun indukan

Sementara bibit ikan bisa dibeli langsung dari pada pembudidaya Mas Koki ang terbukti memiliki indukan yang bagus. Pemula bisa membeli bibit sebanyak 100 ekor sedangkan jika ingin memulai dengan indukan bisa membeli 4 sampai 5 pasang indukan yang sudah dalam usia siap untuk dikawinkan sehingga dapat menekan pengeluaran dalam hal pemeliharaan sampai menunggu siap kawin.

Karena merupakan ikan hias yang sekali bertelur bisa berjumlah ribuan, keuntungan dalam waktu cepat bisa didapat dengan catatan pemasaran dilakukan dengan cara mempromosikan/ memasok ikan ke dalam sentra-sentra penjualan ikan hias. Apalagi semakin besar ikan maka harga semakin mahal terlebih jika yang dihasilkan ikan Mas Koki kelas kontes. Seperti halnya Reza dan Daniel yang sama-sama menjual ikan Mas koki kontes dan Mas Koki kelas standard grade. Dalam sebulan Reza mampu meraih untung bersih di atas 50% sedangkan Daniel bisa meraup omset Rp 50 juta perbulan dengan keuntungan bersih 30%.

Baca Juga : Peluang Bisnis Dan Cara Budidaya Belut Pake Gentong

The post Peluang dari Ikan Mas Oranda yang Kian Populer appeared first on infoloka.com.

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here