Pesona Alam Pulau Bintan yang Memikat

0
317

Bagi Anda yang belum pernah pergi ke Hawaii, mengapa tidak mencoba berkunjung ke Pulau Bintan saja. Tempat ini memiliki banyak pantai yang indah. Kecantikan pantainya tidak hanya “membius” wisatawan dalam negeri, tetapi juga wisatawan luar negeri. Pantai-pantai di Bintan juga tidak kalah eksotik dibandingkan dengan pantai-pantai di Bali.

Pulau yang berada di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) ini memiliki keindahan pantai tropis yang memukau. Pantainya yang landai, debur ombaknya yang sedang, air lautnya yang jernih, dan pasirnya yang putih membentang sejauh mata memandang. Keindahan alam yang sangat memanjakan mata dan membuat tenang pikiran. Pantainya yang indah apalagi saat matahari terbenam, menciptakan suasana romantis saat menikmati sunset bersama dengan pasangan.

Sebenarnya selain terdapat wisata bahari dengan pantai yang memesona, Bintan juga memiliki destinasi wisata lain yang tak kalah menarik seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata religi. Wisata budaya maritim ataupun tur menyusuri hutan bakau dengan perahu, merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi pendatang atau wisatawan.

pulau bintan

Bintan memiliki keunggulan alam yang memikat dengan lokasi strategis karena dekat Singapura dan Malaysia. Waktu tempuh dari Kabupaten Bintan ke Singapura hanya 50 menit melalui Pelabuhan Internasional Bandar Bentan Telani Lagoi serta sekitar 1 jam 30 menit dari Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang dengan menggunakan kapal feri.

Water sport atau olahraga air seperti parasailing, jet ski, surfing, banana boat, dan kayaking adalah beberapa olahraga air yang dapat Anda nikmati di Kepulauan Bintan. Snorkeling dan diving juga merupakan bagian dari aktivitas wisatawan selain memancing di perairan yang jernih.

Bintan telah menjadi destinasi wisata utama di Kepulauan Riau yang menawarkan pengalaman liburan yang sangat menarik dan tidak terlupakan.

Transportasi dan Penginapan di Bintan

pulau bintan

Pengelolaan tempat wisata yang sudah modern dan kelengkapan fasilitas yang diberikan menjadikan Bintan memang layak untuk dikunjungi. Ketika berwisata ke Bintan, Anda tak perlu khawatir soal penginapan dan transportasi di sana. Anda dapat berkeliling Pulau Bintan dengan menyewa sepeda motor atau mobil yang memang banyak disediakan di sana. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, Bergantung fasilitas dan jenis transportasi yang Anda sewa.

Selain itu, dari mana pun Anda berada, Anda dapat mencapai Kabupaten Bintan dengan mudah. Selain menggunakan pesawat sampai Riau, Anda juga diharuskan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi air untuk dapat sampai di Bintan. Karena perjalanan darat hampir tidak mungkin dilakukan, mengingat kondisi geografis Kabupaten Bintan yang memang sulit dilalui.

bintan3

Kebanyakan wisatawan dari luar negeri yang datang ke Kabupaten Bintan masuk dengan menggunakan kapal feri. Jalur keberangkatan yaitu dari terminal feri Tanah Merah Singapura ke terminal Bandar Bentan Telani Lagoi serta dari Singapura ke terminal feri Tanjung Pinang Sri Bintan Pura.

Untuk masalah penginapan, Anda juga tak usah merasa bingung. Sebagai lokasi wisata yang mendunia, Kabupaten Bintan dilengkapi dengan fasilitas penginapan yang lengkap. Mulai dari penginapan ala backpacker yang murah dengan fasilitas yang memadai sampai hotel berkelas yang lokasinya tak jauh dari objek wisata tujuan Anda.

Kuliner Khas Bintan

pulau bintan

Selain wisata pantainya yang menakjubkan dan olahraga air yang beragam, ternyata Bintan juga memiliki sajian kuliner yang menarik. Aneka olahan seafood tradisional khas Bintan yang segar dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Masakan khas seperti gonggong (sejenis tiram) adalah makanan khas yang harus Anda cicipi. Selain gonggong juga ada otak-otak sotong yang wajib dicoba.

Gonggong memiliki rasa yang gurih dan sensasi kenyal yang membuat penikmatnya tidak ingin berhenti makan sampai habis. Masakan gonggong dinikmati dengan cara mengeluarkan dagingnya dengan tusuk gigi dari dalam cangkangnya, “ditemani” dengan sambal cabe rawit mentah atau ditambah sedikit kecap.

Foto: Didan N. Sardjono

*Artikel ini dirangkum dari tulisan berjudul “Pulau Bintan, Hawaii dari Timur” yang ditulis oleh Didan N. Sardjono dan terbit di majalah Griya Asri edisi September 2015

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here