Puring, Tanaman Cantik Bermotif Batik

0
403

Keindahan Puring bukan terletak pada bunganya, melainkan pada bagian daunnya. Bentuk, motif dan warnanya yang sangat atraktif membuat Puring dijuluki “Si tanaman batik” di kalangan pecinta florikultura.

Puring atau Codiaeum Variegatum adalah spesies tanaman dalam genus Codiaeum, yang merupakan anggota dari keluarga Euphorbiaceae. Tanaman Puring merupakan tanaman semak yang tinggi yaitu antara 1 meter hingga 2,5 meter. Tanaman ini bisa ditanam sebagai tanaman pot, terutama pada jenis-jenis yang yang memiliki corak unik pada daunnya.

Tanaman Puring dikenal sebagai tanaman tropis. Oleh sebab itulah tanaman ini tumbuh subur pada area yang memiliki intensitas cahaya matahari yang berlimpah serta perbedaan suhu pada siang dan malam hari yang cukup tinggi. Kondisi iklim tersebut justru mampu menghasilkan kualitas warna yang kontras pada daun tanaman yang juga dikenal dengan nama Garden Croton ini.

Puring mudah diperbanyak dengan menggunakan proses stek batangnya yang telah berkayu tetapi belum terlalu tua. Benamkan batang stek ke media gembur yang banyak mengandung kompos sehingga mudah membuat perakaran baru. Setelah berakar, Puring siap dipindahkan ke taman.

Selain sebagai tanaman pengisi taman dan pot, daun Puring juga dapat digunakan sebagai pelengkap pada rangkaian bunga. Motif, corak dan warna daunnya yang menyerupai batik, tak kalah cantiknya dengan tampilan kuntum bunga populer lainnya.

Foto : gardenerdirect

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here