Sampai April Toyota Akui Penjualan Lesu

0
450

Sampai April Toyota Akui Penjualan Lesu Toyota memperkenalkan New Agya (ANTARA FOTO/Audy Alwi) Jakarta, CNN Indonesia — Penjualan kendaraan Toyota Astra Motor (TAM), dari keseluruhan segmen keluarannya terus menurun terhitung dari awal Januari 2017 hingga April. Penurunan penjualan secara total berkisar di delapan persen.
Meski begitu, Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto menilai untuk market share pada periode yang sama terbilang lebih baik dari tahun sebelumnya, di 38 persen.
"Turun cukup signifikan. Januari turun lima persen, Februari turun delapan persen, kemudian Maret agak recovery marketnya naik sedikit," kata Soerjo di Jakarta.

Pilihan Redaksi

  • CR-V Tujuh Kursi Dipamerkan di Bangkok Motor Show
  • New Agya, Penyegaran Mobil Murah Toyota
  • Pencarian Mobil di Google Bukan Soal Merek
  • Toyota Tawarkan Upgrade Euro 4 ke Konsumen

Ia menjelaskan, ada beberapa alasan turunnya penjualan pada kuartal pertama. Diantaranya, ialah daya beli konsumen memiliki waktu tertentu dan akan meledak di waktu-waktu tertentu, seperti menjelang lebaran.
Lalu, pada tiga bulan ke belakang hari kerja terlihat lebih sedikit. Sehingga, penjualan akan produknya terasa tidak optimal, termasuk pemilihan kepala daerah.
"Ya itu semua berpengaruh. Karena ada pengaruh juga di beberapa tempat itu Pilkada," ujarnya.
Bagi dia, menurunnya performa pada kuartal pertama tidak hanya dirasakan oleh industri otomotif. Seluruh industri di tanah air, memang tengah pada masa bertahan.
"Tapi untungnya di industri otomotif Toyota masih bisa survive. Karena Agya kami luncurkan, Kijang baru (Venturer) dan Corolla Altis," ujarnya.
Secara total, ia melanjutkan, jumlah dari penjualan seluruh kendaraannya lebih dari 100 ribu unit. Hal itu berdasarkan data yang dikeluarkan Toyota, dengan rata-rata di tiap bulannya sejak awal tahun berjumlah 31.500 unit.
Menurutnya, dominasi penjualan masih pada produk Low Multi Purpose Vehicle (MPV), yakni Toyota Avanza, Kijang dan ketiga di Agya.
"Sudah bisa ditebak ya (Avanza). Kenapa masih bagus, karena market MPV kami itu kuat ya," Soerjo. (tyo)

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here