Selfie Bakal Dipakai untuk Metode Pembayaran

0
212

Selfie Bakal Dipakai untuk Metode Pembayaran Ilustrasi wisatawan sedang foto selfie di London, Inggris. (IPGGutenbergUKLtd/Thinkstock) Jakarta, CNN Indonesia — Metode pembayaran sedang mengalami revolusi dan banyak metode diuji untuk mencari yang terbaik. Setelah menghadirkan proses transaksi melalui Internet hingga perangkat teknologi seperti ponsel pintar, foto selfie sebentar lagi akan masuk jajaran.
Perusahaan e-commerce yang bermarkas di Seattle, Amerika Serikat, Amazon baru-baru ini mengajukan paten mengenai metode pembayaran menggunakan swa foto alias selfie.
Mengutip situs USA Today, sistem yang diajukan di dalam paten tersebut dijelaskan akan menggunakan peranti lunak biometrik yang mampu mengenali wajah. Peranti lunak ini berguna mengkonfirmasi bahwa foto pengguna tersebut memenuhi syarat untuk melakukan transaksi pembayaran.
Dengan kata lain, pengguna nanti tidak perlu memasukan kode-kode rumit, tetapi bisa langsung mengambil foto selfie mereka masing-masing dari ponsel pintar.
Biasanya pengguna diberi kode huruf dan angka Captcha yang berfungsi mengkonfirmasi apakah si pengguna adalah "manusia sungguhan" yang akan melakukan transaksi.
Nah, dalam paten Amazon ini disebutkan, pengguna nantinya akan diminta untuk "melakukan sejumlah aksi seperti tersenyum atau berkedip yang tidak bisa ditiru oleh gambar dua dimensi."
Di dalam paten tersebut juga dicantumkan, bahwa sistem pembayaran via selfie berpotensi menggantikan fungsi kata sandi atau password.
"Ini akan menyenangkan untuk para pengguna," tulis Amazon dalam pengajuan paten.

Lihat juga:

Tren E-commerce Perlu Didorong Perusahaan Fintech

Sebelum Amazon, pada 2015 lalu perusahaan finansial MasterCard kabarnya tengah melakukan uji coba sistem yang akan menggantikan kombinasi PIN dengan teknologi biometrik pengenal wajah.
Sistem tersebut dibuat untuk memvalidasi sebelum pengguna MasterCard akan melakukan transaksi. Cara ini diklaim lebih aman ketimbang menggunakan kombinasi PIN seperti saat ini.
Menurut Chief Product Security Officer dari MasterCard, Ajay Bhalla kala itu, "generasi muda yang suka melakukan selfie akan menganggap hal ini keren, mereka pasti mendukungnya." (adt/eno)

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here