Sepanjang Apa Seharusnya Tirai Jendela di Rumah?

0
285

Tirai merupakan salah satu elemen dekorasi yang penting dalam interior. Warna, motif, dan bentuknya dapat meramaikan serta mendukung keseluruhan gaya ruang. Namun, proses memilih tirai tidak cukup hanya dengan memilih warna atau motifnya. Panjang tirai pun harus dipikirkan. Lalu, sepanjang apa seharusnya tirai jendela di rumah? Sekalipun terlihat sepele, sebenarnya ada beragam panjang tirai yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan gaya atau kesan yang ingin dimunculkan.

Sepanjang Apa Seharusnya Tirai Jendela di Rumah?
http://www.dummies.com/how-to/content/using-curtains-and-draperies-in-your-home-decor.html

Panjang Tirai Sama dengan Bingkai Jendela

Panjang tirai seperti ini disebut juga dengan nama sill. Dengan panjang seperti ini dan bila tirai diikat ke samping, tirai akan mengambang sedikit di atas bingkai jendela. Panjang tirai seperti ini cocok digunakan untuk ruang anak atau dapur karena ukurannya tidak terlalu panjang.

Panjang Tirai Berada di Bawah Bingkai Jendela

Jenis tirai satu ini disebut apron, tirai lebih panjang daripada sill dan panjangnya melewati rangka bingkai jendela bagian bawah. Sama seperti sill, tirai dengan panjang ini cenderung bersifat casual dan bisa digunakan untuk kamar anak ataupun dapur. Tirai dengan panjang seperti apron atau sill biasanya digunakan karena tirai akan sering dibuka sehingga panjangnay dapat memudahkan dan tidak membuat berat.

Sepanjang Apa Seharusnya Tirai Jendela di Rumah?
Foto: Tri Rizeki Darusman

Panjang Tirai Menyentuh Lantai

Tirai dengan panajng seperti ini cenderung formal. Panjangnya pun masih beragam, ada yang menggantung sedikit di atas lantai, tepat menyentuh lantai, atau sedikit menyapu lantai. Tirai panjang seperti ini juga bagus untuk menimbulkan kesan plafon yang tinggi pada ruang. Selain itu, tirai dengan panjang menggantung atau tepat menyentuh lantai masih cukup praktis untuk dibuka atau ditutup.

Sepanjang Apa Seharusnya Tirai Jendela di Rumah?
http://www.55downingstreet.com/decor-ideas/b/blog/archive/2012/06/28/design-tip-how-long-should-curtains-be.aspx

Panjang Tirai Menyapu Lantai

Berbeda dengan tirai yang hanya sedikit menyapu lantai, tirai satu ini cukup panjang sehingga di bagian bawah dipenuhi dengan tirai. Disebut juga dengan nama puddle atau pooling, tirai ini cocok untuk kesan mewah, dramatis, dan formal dalam ruang. Tirai seperti membutuhkan perhatian yang lebih karena Anda harus merapikan kembali bagian bawah tirai saat dibuka atau ditutup.

Sepanjang Apa Seharusnya Tirai Jendela di Rumah?
Foto: Ifran Nurdin

Foto 1: Design by Carter Kay Interiors via decoist

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here