Setelah Dua Dekade Yahoo Games Ditutup

0
177

Setelah Dua Dekade Yahoo Games Ditutup Logo Yahoo ( REUTERS/Denis Balibouse) Jakarta, CNN Indonesia — Setelah berumur hampir dua dekade, Yahoo Games akan 'dipensiunkan' pada 13 Mei 2016. Menjelang penutupan, Yahoo pun sudah tidak mengizinkan pengguna untuk membeli berbagai produk atau in-app purchase sejak 14 Maret 2016 lalu.
Tak hanya Yahoo Games, Yahoo juga berencana akan menutup Build your Own Search Service (BOSS) –mesin pencari yang bisa dikostumisasi sesuai kebutuhan– dan Livetext (sebuah layanan video chat berbasis aplikasi). Kedua layanan ini akan dimatikan pada 31 Maret 2016.
Selain itu, berbagai konten yang diisi oleh berbagai media lokal juga turut dipangkas habis dalam beberapa minggu ke depan, seperti Yahoo Astrology (untuk regional India, Spanyol, Inggris, Perancis dan Jerman), dan Yahoo Maktoob News yang tersedia dalam bahasa Inggris dan Arab.

Pilihan Redaksi

  • Yahoo Belum Diputuskan untuk Dijual
  • Yahoo! Resmi Tutup Laman Kuliner
  • Nilai Perusahaan Tumblr Bisa Jadi Diturunkan Yahoo
  • Lawan FBI, Apple Didukung 30 Perusahaan Teknologi

Kemungkinan, berbagai kanal yang ada pada Yahoo regional, seperti Cuaca, Olahraga, Selebriti, Helwa, Gaya dan Film juga akan bernasib sama.
Belakangan ini, kondisi Yahoo memang sedang kacau. Namun, menurut Yahoo, bukan itu yang menyebabkan tutupnya sejumlah layanan mereka.
Hal ini dilakukan semata-mata agar Yahoo bisa fokus untuk mengurusi 8 layanan utama yang masih digunakan banyak orang, yakni mesin pencari, email, Tumblr, Flickr, Sport, News, Lifestyle dan Finance.
"Sebagai bagian dari upaya kami untuk fokus pada layanan tertentu, situs Yahoo Games dan beberapa kanal penerbitan berita akan dihentikan pada Jumat 13 Mei, 2016," kata Chief Architect Yahoo, Amotz Maimon.
Penutupan Yahoo Games sendiri tampaknya tidak begitu mengejutkan mengingat popularitasnya yang meredup. Bisa jadi ini dikarenakan pengguna sudah banyak beralih ke game mobile.
Lagipula, jumlah game yang ada pada Yahoo Games sudah tak sebanyak dulu. Ini dikarenakan Yahoo sempat membuangnya pada Maret 2014 lalu karena masalah keamanan yang muncul lantaran banyak game yang masih berformat Java dan Flash.
Ini bukan pertama kalinya Yahoo menutup beberapa layanannya. Pada bulan Juni 2015 silam, mereka sempat menutup layanan Maps, Pipes, serta Application Program Interface (API) GeoPlanet & PlaceSpotter.
(tyo/tyo)

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here