Taman Minimalis Bertema ‘Fantasy Fruit Garden’

0
456

Memetik buah langsung dari pohon yang ditanam di taman belakang rumah tentu sangat menyenangkan. Namun sayangnya tidak semua rumah memiliki lahan yang cukup luas untuk menanam pohon buah. Hal tersebut didukung pula dengan gaya hidup masyarakat urban yang menginginkan segala sesuatu yang simple dan praktis.

Menyikapi hal ini, desainer landscape Andi dari X-Otic berkreasi menciptakan desain taman buah yang unik dan berbeda. Desainer landscape asal Bandung ini menggagas taman bertema “Fantacy Fruit Garden”, yaitu taman minimalis berisi tanaman buah-buahan koleksi khusus yang dipercantik dengan elemen taman bertema “Fruit” dalam versi yang berbeda sehingga menyajikan “fantasi” dan petualangan yang mengasyikkan.

Seperti fungsi taman belakang pada umumnya, konsep taman belakang rumah ini memang didesain untuk taman tempat keluarga bercengkerama. Jajaran tanaman buah-buahan yang berukuran kerdil mengisi area di sekeliling kamar tidur tamu. Permukaan tanah sengaja dibuat berkontur meninggi ke arah sudut sehingga komposisi tanaman akan lebih terlihat dimensional.

Agar ukuran tanaman tetap stabil, diambil bibit cangkok yang sengaja dikerdilkan, dengan area tanam yang dibatasi sehingga pertumbuhan akar yang berpengaruh langsung terhadap ukuran tanaman, masih dalam kendali.

Yang menarik dari area taman belakang yaitu hadirnya gazebo yang dirancang berbentuk kontemporer, silinder dalam posisi berdiri. Gazebo tersebut terbuat dari bahan resin yang dicetak sesuai dengan pola yang ditentukan.

Posisi gazebo diangkat dengan dua anak tangga sehingga terlihat “melayang”. Celah sempit yang berada di sisi samping dimanfaatkan menjadi dry garden dengan ornamen kupu-kupu artifisial dan kuntum bunga matahari artifisial karena minimnya cahaya matahari yang menerpa di area tersebut tidak memungkinkan menanam tanaman hidup. Sudut cantik ini merupakan latar belakang dari living room. Sehingga keindahan taman ini pun masih dapat dinikmati dari dalam rumah.

Lokasi : Bandung Selatan

Lanskap : Andie dari X-Otic Garden – Bandung

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here