Tampilan Aplikasi Android akan Mirip iOS

0
195

Tampilan Aplikasi Android akan Mirip iOS Ilustrasi. (YashilG/Pixabay) Jakarta, CNN Indonesia — Google baru saja memperbarui standarisasi desain untuk aplikasi Android. Ini memungkinkan pada pengembang meletakkan deretan tombol navigasi atau navigation bar yang terletak pada sisi bawah layar di aplikasi buatannya.
Sebelum Google, Apple sudah lebih dulu mengadopsi navigation bar yang juga populer disebut buttom bar. Hampir seluruh aplikasi berbasis iOS menggunakannya. Ini merupakan deretan tombol yang bila diklik bisa mengantar pengguna ke menu lain di dalam aplikasi.
Namun, berbeda dengan navigation bar yang ada pada aplikasi berbasis iOS, karena navigation bar buatan Google terlihat lebih dinamis. Ketika pengguna menekan tombol, ikon akan bergerak dan teks dari ikon tersebut akan tampil.

Pilihan Redaksi

  • Bocoran Android N: Ada Fitur Multi-Windows
  • Android N Bisa Menghemat Kuota Internet
  • Android N Tambahkan Kontak Darurat di Lock Screen

Selama ini Google mengandalkan tombol 'Hamburger' –tombol yang disimbolkan dengan tiga garis horizontal– di pojok kanan atas untuk melakukan navigasi. Ketika ditekan, akan muncul side bar dari sisi kiri yang menampilkan sejumlah menu. Namun ini membuat hampir seluruh tampilan aplikasi menjadi tak terlihat.
Dengan navigation bar, mengakses menu dan beralih ke tampilan layar lain menjadi lebih mudah. Di sisi lain, navigation bar juga tidak 'memakan' banyak tempat ketimbang side bar.
Adanya buttom bar bukan tak berarti tombol 'Hamburger' akan hilang. Menurut Google, tombol ini masih bisa digunakan sebagai alternatif dari buttom bar. Hanya saja, Google menyarankan para pengembang aplikasi agar menggunakan navigation bar bagi yang memiliki tiga sampai empat menu utama.
Jika hanya memiliki 2 menu utama, disarankan agar menggunakan tab. Sementara untuk yang lebih dari 6, Google tetap menyarankan menggunakan tombol 'Hamburger'.

Lihat juga:

Android N 'Setengah Matang' Bisa Bikin Bencana

Penggunaan navigation bar dan tab sangat tidak disarankan ada pada satu tampilan aplikasi karena bisa membuat pengguna bingung.
Google sendiri sudah merombak antarmuka Google+ dan Google Photo dengan memanfaatkan navigation baru untuk memudahkan dalam bernavigasi. (adt)

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here