Bocoran Video Ungkap OS Android untuk Feature Phone

0
0

News.Odiesign.Com – Di tengah derasnya produk smartphone, ponsel fitur () tetap memiliki pasarnya sendiri. Menurut laporan Counterpoint Research, pengapalan ponsel dengan kemampuan terbatas ini tembus angka 95 juta unit secara global pada kuartal I-2019.

Mungkin karena masih diminati, Google pun kabarnya menggarap OS Android khusus untuk . Rumor ini belakangan diperkuat dengan sebuah video yang menampilkan dengan beberapa aplilkasi di dalamnya.

Kabar untuk ponsel fitur sebenarnya sudah terkuak awal tahun lalu, ketika kode sumber (source code) browser Chromium memuat mode “tanpa sentuhan” yang dibuat untuk perangkat non layar sentuh.

Temuan ini menjadi indikasi awal bahwa Chrome akan merambah ke ponsel fitur untuk pertama kalinya.

Baca juga: Google Resmikan Android 10 Go Edition, OS Ringan untuk Ponsel Murah

Akan tetapi, Google sempat menghapus kode ini pada awal bulan September yang menimbulkan dugaan bahwa rencana pembuatan software Android untuk ponsel fitur dibatalkan.

Setalah video terbaru ini beredar, isu pengembangan Android untuk ponsel fitur kembali menguat.

Selain beberapa aplikai Andorid bawaan seperti Gmail, Maps, YouTube dan aplikasi Facebook, ponsel fitur di video tersebut juga memiliki aplikasi bernama Proxx yang disebut sebagai kloning aplikasi game Minesweepee.

Dalam video tersebut juga terungkap versi Android yang berjalan adalah Android 8.1, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Jumat (27/9/2019).

Selain versi Android, di menu “tentang ponsel” juga tercantum deskripsi bahwa ponsel fitur tersebut adalah “Iron GAFP” yang diperkirakan sebagai singkatan dari “Google Android Feature Phone”.

Tangkapan layar ponsel fitur yang diduga menjalankan software Android9to5Google Tangkapan layar ponsel fitur yang diduga menjalankan software Android

Apabila rumor itu benar, belum diketahui pasti apakah yang melatar belakangi Google membuat Android khusus ponsel fitur.

Baca juga: 100 Juta Feature Phone Pakai KaiOS yang Didanai Google

Padahal, perusahaan search engine raksasa itu sudah berinvestasi ke KaiOS, software spesialis ponsel fitur dengan nilai 22 juta dollar AS (Rp 310 miliar).

Dengan KaiOS, ponsel fitur juga bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Google, termasuk Google Assistant, seperti yang tampak dalam video. Ponsel fitur yang menjalankan KaiOS juga bisa mengakses layanan pesan instan WhatsApp. 

Source link

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here