Telkomsel Mau Pakai Spektrum Bekas Flexi untuk 3G dan 4G

0
232

Telkomsel Mau Pakai Spektrum Bekas Flexi untuk 3G dan 4G Petugas melakukan perawatan berkala terhadap pemancar radio akses Compact Mobile Base Station (COMBAT) milik Telkomsel. (CNN Indonesia/Trisno Heriyanto) Jakarta, CNN Indonesia — Telkomsel telah mendapat sumber daya tambahan seluas 7,5 MHz di 850 MHz dari pengalihan frekuensi milik Telkom Flexi. Tetapi sayang, sampai saat ini mereka belum bisa memanfaatkannya.
Direktur Jaringan Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan, jika spektrum ini bisa mereka pakai, maka bakal dipakai untuk memperkuat 3G dan 4G LTE karena kebutulan telah mendapat izin teknologi netral oleh pemerintah.
Telkomsel tidak akan memanfaatkan 800 MHz untuk 2G karena perusahaan fokus mengembangkan 3G dan 4G LTE di tahun 2016 ini.
“Spektrum 800 MHz ini bagus karena jangkauannya luas,” tutur Sukardi dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (15/3).
Telkomsel belum bisa memanfaatkan 800 MHz lantaran ruang frekuensi yang seharusnya mereka ditempati saat ini masih dikuasai Smartfren yang belum merampungkan migrasi dari 850 MHz ke 2.300 MHz.
Untuk mengatasi masalah itu, Telkomsel dan Smartfren sedang membicarakan waktu pelaksanaan migrasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Pemerintah menargetkan waktu migrasi Smartfren segera rampung sebelum akhir 2016.

Lihat juga:

Telkomsel Ingin Rebut 35 Juta Pelanggan Operator Lain

Telkom menghentikan layanan Flexi yang berbasis CDMA pada 2014 dan merayu pelanggannya beralih memakai Telkomsel Kartu As yang berbasis GSM. Pengalihan frekuensi Flexi kepada Telkomsel disetujui pemerintah di era Menkominfo Tifatul Sembiring.
Telkomsel sendiri telah mengantungi sertifikasi kelayakan operasi (SKLO) dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menggelar layanan di 850 MHz. Pita frekuensi itu berada di rentang 880-887,5 MHz berpasangan dengan 925-932,5 MHz. (adt/tyo)

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here