Tim Ekskursi Arsitektur UI Meneliti Suku Korowai di Papua

0
298

Ekskursi Arsitektur Universitas Indonesia (UI) merupakan program kerja tahunan Ikatan Mahasiswa Arsitektur UI untuk melakukan perjalanan dan meneliti suatu daerah suku pedalaman. Penelitian yang dilakukan mencakup aspek lingkungan hidup, sosial budaya dan Arsitektur Nusantara Vernakular. Ekskursi ini bertujuan menggali dan memaparkan kekayaan arsitektur nusantara vernakular untuk dikenalkan kepada masyarakat luas dalam bentuk pameran, buku dan film.

Dalam rangka ulang tahun ke-50 Departemen Arsitektur UI, tim Ekskursi Arsitektur UI sampai ke tanah paling timur Indonesia, Papua. Kegiatan Ekskursi kali ini membahas mengenai Suku Korowai, terletak di bawah Pegunungan Bintang, yang memiliki rumah pohon sebagai kekayaan arsitektural. Perjalanan menuju Korowai menghabiskan waktu 4 hari melalui jalur udara, darat dan air, dengan total waktu kegiatan 45 hari pada bulan Juli-Agustus 2015.

ekskursi arsitektur ui

Hasil ekskursi tersebut dihadirkan dalam sebuah pameran bertajuk “Menggapai Tonggak Cakrawala” yang diadakan pada tanggal 14 -20 Maret di Museum Nasional. Pameran ini memperlihatkan bagaimana karya para mahasiswa Arsitektur UI menerjemahkan keunikan Suku Korowai melalui seni dan arsitektur ke beberapa media seperti foto, maket, sketsa dan film.

Dalam pameran “Menggapai Tonggak Cakrawala” dipamerkan juga rekam jejak perjalanan Ekskursi Arsitektur UI menjelajah nusantara. Dengan membawa semangat #KenaliNegerimu, tim Ekskursi Arsitektur UI mengajak masyarakat untuk mengenali potensi-potensi daerah Indonesia lebih dari apa yang sering dipublikasikan.

ekskursi arsitektur ui

Selain pameran, diadakan juga rangkaian talkshow dan seminar, yang ditutup dengan forum diskusi mahasiswa antar universitas mengenai apa yang bisa dilakukan mahasiswa untuk pelestarian budaya Indonesia. Pameran ini diharapkan dapat memperkenalkan dan mengangkat diskusi-diskusi lebih tentang Indonesia dan kekayaan budaya, sekaligus memacu penerus bangsa agar terus mengenali dan mencintai negerinya sendiri.

Foto: dok. tim Ekskursi Arsitektur UI

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here