Tips Menata Meja Makan Untuk Berbuka Puasa

0
258

Momen ramadhan biasanya dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk bersilaturahmi, salah satu bentuknya adalah mengundang keluarga, sahabat atau kerabat untuk berbuka puasa bersama di rumah. Selain waktunya lebih leluasa, memilih rumah sebagai tempat berbuka puasa bersama juga membuat silaturahmi terasa lebih santai dan akrab.

Selain dekorasi rumah secara menyeluruh, ada hal penting lainnya yang patut Anda pertimbangkan, yakni dekorasi meja makan. Kelihatannya mungkin sepele, namun meja makan yang ditata dengan tema-tema tertentu membuat jamuan makan terasa lebih personal dan tentu saja mampu menciptakan kesan yang memikat di hati para tamu.

Oleh sebab itu, penting untuk mempersiapkan konsep penataan meja agar Anda mudah untuk menentukan benda apa saja yang dibutuhkan. Ini dia beberapa tipsnya.

  • Mengidentifikasi tamu yang akan diundang, kemudian tentukan tema, warna, dan dekorasi yang akan digunakan untuk mendekorasi meja. Bagi kaum muda, mungkin bisa memilih tema ‘Pop Art’ dengan dekorasi meja warna warni. Selain itu dapat pula menerapkan konsep ‘monochrome’ dan masih banyak lagi.
  • Jangan lupakan fungsi dasar dari meja makan, sediakan tempat yang cukup nyaman bagi para tamu untuk makan dan cari hiasan meja makan yang tidak menghalangi pandangan lawan bicara.
  • Tentukan center piece atau barang yang akan menjadi pusat dekorasi meja. Agar terlihat rapi, center piece dapat ditaruh di meja bagian tengah. Hal ini dapat mencegah dekorasi menjadi terlalu ramai.
  • Jika Anda ingin menggunakan bunga sebagai elemen dekorasi meja, sebaiknya hindari bunga dengan aroma harum. Jika aroma harum berpadu dengan aroma makanan bisa menimbulkan bau yang kurang menggugah selera. Hindari juga bunga dengan batang yang terlalu tinggi agar tidak menghalangi pandangan saat berbicara.
  • Namun, jika Anda menata meja untuk buffet hidangan makanan (bukan meja makan), maka pilihlah wadah makanan yang seragam agar terlihat cantik dan tambah hiasan bunga yang cukup besar agar meja terlihat lebih menarik.

Pemilihan tema adalah langkah awal yang menentukan konsep keseluruhan dekorasi acara. Hal ini bergantung pada tren dekorasi, karakter, dan pribadisi pembuat acara. Maka tidak aneh bahwa penyelenggaraan acara di rumah bersifat lebih personalized.

Kendati menata meja makan menjadi aktivitas yang menyenangkan dan indah dipandang, ingatlah untuk tidak menempatkan hiasan terlalu banyak di atas meja makan. Sebab dekorasi yang terlalu ramai justru membuat meja makan terasa penuh dan bersantap jadi terasa tidak nyaman. Selamat menata meja makan!

Foto : Dok. Nescafe Dolce Gusto

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here