Tips Mengolah dan Menyimpan Buah dan Sayur

0
317

Tips Mengolah dan Menyimpan Buah dan Sayur

  1. Agar apel tampak segar

Apabila apel yang Anda sajikan tampak layu dan kurang menarik, rendamlah apel di dalam air hangat-hangat kuku yang telah dibubuhi sedikit garam. Apel Anda pun akan tampak lebih segar.

  1. Mencegah warna kecokelatan pada apel

Warna kecokelatan pada potongan apel disebabkan oleh reaksi enzimatis. Untuk mencegahnya, oleskan perasan jeruk lemon (dapat pula diganti dengan jenis jeruk yang lain) pada permukaan potongan apel. Antioksidan (vitamin C) pada jeruk dapat mencegah terjadinya reaksi oksidasi.

  1. Mengupas tomat

Untuk membuat pasta tomat atau jenis olahan tomat tertentu, dibutuhkan tomat yang telah dikupas. Cara mudah untuk mengupas tomat adalah dengan merendamnya dalam air hangat terlebih dahulu selama 5-10 menit. Setelah direndam, kulit tomat akan dengan mudah dikupas.

Baca Juga : Berbagai Tips dan Trik Mengolah Karbohidrat

  1. Menyegarkan tomat layu

Tomat yang telah layu dapat kembali segar setelah direndam semalam di dalam air dingin yang telah ditambah sedikit garam.

  1. Mempertahankan kesegaran buah dalam kulkas

Seringkali sayuran menjadi layu atau mengering jika disimpan agak lama di dalam kulkas. Kelembapan yang rendah dalam kulkas menyebabkan sayuran kehilangan sebagian kandungan airnya. Bungkus sayuran yang akan disimpan dalam kulkas dengan kertas koran jika sayuran tersebut tidak segera dimasak, lalu letakkan pada vegetable box pada bagian dasar kulkas.

  1. Mempertahankan kandugnan vitamin dalam sayuran

Lebih baik segera memasak sayuran setelah dibeli. Potong-potong sayuran hanya ketika akan dimasak. Jika Anda merebus sayuran. Masukan sayuran ketika air telah mendidih. Masak sayuran dengan api besar dan tidak terlalu lama. Gunakan air rebusan sayuran yang tidak terpakai untuk masakan lainnya, misalnya kuah sup dan lainnya.

  1. Memeras jeruk nipis atau lemon

Untuk mematangkan buah yang masih mengkal, bungkus buah dengna kertas koran, lalu tempatkan pada tempat yang cukup hangat. Biarkan selama 2-3 hari. Buah akan semakin cepat matang karena gas etilen (hormon tumbuhan yang membantu proses pematangan terperangkap dalam kertas koran dan pembungus buah.

  1. Mudah mengiris wortel

Wortel termasuk sayuran yang keras sehingga membutuhkan ekstra tenaga untuk memotongnya. Hindari merendam wortel sebelum dipotong agar wortel tidak bertambah keras

  1. Memeras jeruk

Untuk mendapatkan air perasan jeruk yang cukup banyak, rendam jeruk sebelum diperas di dalam air panas selama 15 menit

Tips Mengolah dan Menyimpan Buah dan Sayur

  1. Menyimpan jamur kuping

Cuci bersih jamur kuping kering, lalu tiriskan. Susun di tempat datar dan jemur di bawah terik matahari sampai benar –benar kering. Masukkan ke dalam wadah kering dan tertutup rapat. Letakkan di tempat sejuk. Jika ingin mengolahnya, rendam dalam air panas sesuai kebutuhan. Diamkan sampai mengembang, lalu tiriskan.

  1. Agar pisang lebih tahan lama.

Pisang adalah jenis buah yang mudah busuk. Agar pisang lebih panjang umur simpannya, potong sedikit bagian ujung pisang dan jangan menyimpan pisang dalam posisi menggantung. Meskipun lama-kelamaan kulit pisang cokelat, tetapi bagian dalamnnya tetap segar

  1. Menyimpan pisang dan kiwi

Buah pisang dan kiwi merupakan penghasil gas etilen yang produktif. Gas etilen berfungsi mempercepat proses pematangan buah. Oleh karena itu, jangan meletakan buah pisang dan kiwi berdekatan engan buah lain yang telah masak.

  1. Memanfaatkan pisang yang terlalu matang

Pisang yang sudah terlalu matang tak enak jika dikonsumsi langsung. Olang pisang tersebut menjadi milk shake pisang. Cara membuatnya adalah kupas pisang, simpan isinya di dalam wadah plastik, masukkan ke dalam freezer. Jika sudah membeku, masukan ke dalam blender. Tambahkan sedikit susu, vanila dan gula secukupnya untuk menambah rasa.

Baca Juga : Berbagai Tips dan Trik Seputar Makanan Laut (Seafood)

The post Tips Mengolah dan Menyimpan Buah dan Sayur appeared first on infoloka.com.

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here