Tips Mengolah dan Menyimpan Kue dan Makanan Ringan

0
349

Tips Mengolah dan Menyimpan Kue dan Makanan Ringan

  1. Membuat kue kering tetap renyah

Untuk membuat kue kering buatan Anda tetap renyah, pastikan wadah atau stoples yang digunakan benar-benar kedap udara. Jika memang kue dirasa sedikit basah, oven selama beberapa menit sebelum disajikan.

  1. Membuat popcorn

Agar popcorn mengembang dengan sempurna, simpan jagung popcorn dalam lemari es (freezer) lalu cuci biji jagung dengan air dingin sebelum dimasak. Untuk mendapatkan popcorn yang lebih gurih, campurkan popcorn dengan 1 sendok teh selai kacang, selai anggur, dan mentega yang telah dicairkan ketika popcorn masih hangat.

  1. Menjauhkan semut dari gula

Semut akan menjauhi gula jika Anda meletakan 3-4 butir cengkih di dalam wadah penyimpanan gula Anda.

  1. Menggunakan timbangan

Sebelum menggunakan timbangan, periksa terlebih dahulu apakah jarum penunjuk tepat menunjukan angka nol. Berilah alas pada wadah timbangan jika akan menimbang bahan-bahan seperti mentega, cokelat, dan lain-lain. Jangan lupa bobot alas juga harus diperhitungkan, khususnya alas yang digunakan cukup berat. Untuk memeriksa keakuratan timbangan, timbang beberapa jenis bahan yang sudah diketahui beratnya.

Baca Juga : Tips Mengolah dan Menyimpan Makanan Olahan

  1. Membuat karamel

Taburkan gula pasir secara merata di wajan. Panaskan dengan api kecil dan jangan diaduk. Agar panas merata, goyangkan wajan ketika gula mulai mencair. Setelah gula mencair seluruhnya, besarkan api sedikit, lalu diaduk dengan sendok hingga warnanya merata.

  1. Mencairkan mentega/margarin untuk kue

Jika Anda mencairkan mentega/margarin untuk kue, hindari memanaskanna sampai mendidih karena akan mengurangi kadar air di dalamnya. Matikan api sebelum seluruh mentega/ margarin mencair. Tunggu sampai hangat sebelum mencampurkan kedalam bahan kue.

  1. Mengocok putih telur

Wadah dan peralatan untuk mengocok harus bersih dan kering, bebas dari minyak, air dan residu lain. Jika kondisi kurang bersih, adonan akan sulit naik. Sedikit saja kuning telur yang masih tercampur akan membuat putih telur sulit kaku. Penambahan krim of tar-tar dapat membantu kestabilan putih telur. Kocok putih telur sampai mulai berbusa dan naik, mengilap dan lembut. Jika mikser diangkat (setelah mikser dimatikan) adonan yang baik akan ikut terangkat, lalu terjatuh kembali.

Tips Mengolah dan Menyimpan Kue dan Makanan Ringan

  1. Mengocok krim kocok

Krim harus dalam kondisi dingin. Hendaknya peralatan mengocok yang digunakan ikut didinginkan. Rendam tempat mengocok dalam baskom berisi es agar suhu pengocokan tidak meningkat. Jangan mengocok terlalu lama, segera gunakan setelah kental dan kaku.

  1. Hemat menggunakan oven

Untuk menghemat energi, cukup melihat kue/masakan buatan Anda melalui jendela oven tanpa membukannya. Suhu oven akan turun sebesar 25oC setiap pintunya dibuka.

  1. Menggunakan kulit pastry

Kulit pastry yang beredar di pasaran biasanya dijual dalam kemasan plastik di bagian frozen food. Ciri-cirinya berwarna putih dan berbentuk adonan padat yang berlapis. Sebelum digunakan, gilas dan tipiskan hingga kira-kira 3 mm

  1. Memilih ragi

Kualitas makanan hasil fermentasi seperti tape, tempe, ataupun roti terletak pada mutu ragi yang digunakan. Pilih ragi yang baik dengan ciri-ciri sebagai berikut. Ragi tape berwarna putih bersih, tidak berjamur, dan kering/ tidak lembap. Untuk ragi roti, pilih yang dikemas rapat, kering/ tidak lembap, dan berwarna cerah (kuning kecokelatan). Adapun untuk ragi tempe sebaiknya pilih yang berwarna putih dan tidak menggumpal.

  1. Memilih loyang kue

Pilih loyang kue yang kokoh dan terbuat dari bahan food grade (untuk makanan), biasanya ada yang terbuat dari alumunium ataupun teflon. Untuk membuat kue kering, pilih loyang tipis dengan tinggi 3-4 cm karena jika menggunakan loyang tinggi kue akan mudah gosong atau tidak matang bagian dalamnya. Pilih ukuran loyang yang sesuai dengan ukuran oven Anda.

Baca Juga : Berbagai Tips dan Trik Mengolah Karbohidrat

The post Tips Mengolah dan Menyimpan Kue dan Makanan Ringan appeared first on infoloka.com.

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here