Tips Mengolah Ruang Di Bawah Mezzanine

0
1509

Salah satu cara paling efektif menyiasati keterbatasan lahan adalah membuat mezzanine. Dengan menambah setengah lantai, Anda bisa memiliki ruangan baru yang dapat difungsikan menjadi berbagai macam ruang. Selain itu, Anda juga memanfaatkan ruang di bawah mezzanine menjadi ruangan baru tergantung berapa besar mezzanine yang Anda bangun.

Kali ini, tim majalahasri.com punya dua contoh desain ruang di bawah mezzanine yang dapat menginspirasi Anda. Desain pertama berasal dari unit contoh apartemen Yukata yang dirancang oleh Sidharta Architect.

Pada prosesnya, arsitek mengolah ruang di bawah mezzanine menjadi ruang keluarga dan area kerja yang dibuat menyatu tanpa sekat. Pada bagian dinding dibuat meja ambalan yang dibuat menerus menjadi meja kerja. Sedangkan di area kerja terdapat ambalan – ambalan kayu di ‘ditanam’ di dinding guna meletakkan aksesori dan perangkat kerja.

Area mezzanine ini didominasi oleh material kayu, baik berupa panel solid maupun veneer untuk melapisi sebagian besar bidang dinding dan lantai. Bahan kayu dengan seratnya yang memberikan kesan “hangat” ini diimbangi oleh finishing acian semen yang halus pada sebagian dinding ataupun lantai lainnya serta dipadu dengan plafon yang dicat warna putih.

3440+3442+3443Beralih pada desain kedua yang berasal dari sebuah hunian rancangan Dendy Darman dari UNKL347 dimana area mezzanine dimanfaatkan menjadi area bermusik. Sementara area di bawahnya difungsikan menjadi dapur.

3481+3482Senada dengan konsep desain interior rumah secara menyeluruh, area mezzanine ini didominasi material kayu jati belanda yang tampil pada dinding area mezzanine, tangga hingga lemari kabinet dapur. Agar tidak monoton, desainer mengaplikasikan keramik berukuran 10cm x 10cm pada dinding dapur, serta memasang cooker hood guna mengalirkan hawa panas saat beraktivitas memasak.

Jika Anda tertarik menerapkan desain dari kedua mezzanine ini, sesuaikan dengan kebutuhan ruang serta luas lahan yang tersedia. Tentu saja Anda bisa berkreasi dengan mengubah fungsi ruang atau menambah storage sebagai solusi penyimpanan barang. Selamat berkreasi!

Foto : Ifran Nurdin & Tri Rizeki

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here