Tips Sukses Urban Faming Bagi Pemula

0
294

Konsep urban farming yang tengah populer saat ini seakan membuktikan bahwa masyarakat Indonesia kini mulai beralih pada gaya hidup sehat. Sekilas, kegiatan menanam sendiri tanaman sayur dan buah di halaman rumah terlihat mudah. Namun, pada prosesnya ternyata memerlukan pemahaman tentang kondisi lahan ataupun tanaman yang akan ditanam. Maka berikut ini adalah tips menerapkan urban farming di rumah.

  • Menanam sayur dan buah tanaman produktif sebaiknya di tempat yang terbuka dengan paparan cahaya mtahari penuh dan maksimal.
  • Untuk kebutuhan skala kecil rumah tangga, tanamlah dalam jumlah secukupnya saja dengan periode tanam dan periode panen yang bergiliran. Dengan demikian, masa panen tidak serentak bersamaan untuk menghindari sayuran hasil panen terbuang.
  • Sebaiknya satu pot ditanami satu macam sayuran dengan periode penanaman dan pemanenan yang sama, untuk keseragaman ukuran.
  • Beberapa jenis tanaman perlu disemai terlebih dahulu di tempat penyemaian, baru kemudian ditanam di pot yang dikehendaki. Untuk lebih jelas tentang teknik penanaman ini, dapat dilihat di setiap kemasan benih.
  • Media tanam yang terbaik adalah media tanam gembur dengan lebih banyak kandungan kompos dan pupuk kandang yang akan menopang pertumbuhan tanaman.
  • Hal yang penting lainnya untuk urban farming yaitu menghitung dengan tepat periode dan pergantian penanaman agar tidak ada periode kosong di halaman.

Foto : Tri Rizeki

Original Article

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here