Twitter Genap Berusia 10 Tahun

0
324

Twitter Genap Berusia 10 Tahun Logo Twitter terpampang di kantor bursa saham NYSE di New York, AS, ketika melakukan penjualan saham perdana pada 7 November 2016. (Andrew Burton/Getty Images) Jakarta, CNN Indonesia — Media sosial Twitter dengan ciri khas mempublikasi kicauan dengan 140 karakter, hari ini genap berusia 10 tahun.
21 Maret 2006 ditetapkan sebagai hari lahir Twitter karena di saat itu, Jack Dorsey sang pendiri media sosial, berkicau untuk pertama kalinya di Twitter.
Just setting up my twttr,” tulis Dorsey dengan akun @jack.
Beberapa tahun kemudian Indonesia menjadi negara yang penting untuk Twitter karena ini merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna terbesar. Pada pertengahan 2015, jumlah pengguna Twitter di Indonesia mencapai 50 juta.
Twitter juga ramai dimanfaatkan oleh orang Indonesia ketika Pemilihan Umum Presiden tahun 2014. Menurut penelitian Dewan Pers dan Indonesia Indicator, ada 1,8 juta akun Twitter aktif dari Indonesia yang mempublikasi 13.934.320 kicauan dari periode 4 Juni sampai 9 Juli 2014.
Kicauan tentang calon presiden dan wakil presiden muncul mulai dari deklarasi pencalonan diri, debat capres-cawapres, sampai visi misi. Tak hanya itu, Twitter juga dimanfaatkan untuk kampanye hitam dua calon presiden.
Baca juga: Perbincangan Twitter Cermin Kemenangan Jokowi atas Prabowo
Masalah
Sejak melantai di bursa saham, segala masalah yang terjadi di Twitter terlihat sangat jelas.
Twitter melantai di bursa pada 2013, dengan harga saham US$26. Di bulan Januari 2014 harga itu mencapai nilai tertinggi US$69, tetapi di Jumat pekan lalum saham diperdagangkan di harga US$16,84.
Jumlah pengguna Twitter sempat mengalami pertumbuhan paling buruk pada kuartal kedua 2015, di mana jumlah pengguna hanya tumbuh 2 juta menjadi 304 juta dibandingkan 302 juta pengguna pada kuartal sebelumnya.
Jack Dorsey, sang pendiri yang kini kembali jadi CEO Twitter, telah melakukan banyak hal untuk mengembangkan fitur dan aksi nyata menghasilkan uang.
Baca juga: CEO Twitter Dick Costolo Mengundurkan Diri
Kini Twitter memiliki sekitar 332 juta pengguna bulanan, dengan 500 juta kicauan dikirim setiap hari dan 200 miliar kicauan dalam setahun.
Di hari ulang tahun ke-10 ini, Twitter mungkin bisa melupakan sejenak sejumlah masalah penting yang menghantui perusahaan. Twitter mempersembahkan video singkat yang memperlihatkan sejumlah peristiwa penting dan bagaimana Twitter berguna untuk menyebar informasi.
Dalam publikasi di blog resmi perusahaan, hari ini Twitter berkata semua kantor perwakilan bakal merayakan ulang tahun mereka yang dimulai dari Sydney, Australia, dan mengikuti matahari terbit ke kantor pusat Twitter di San Francisco, California, AS.
“Kami sangat gembira untuk merayakan ini dengan kalian semua,” tulis Twitter. (adt)

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here