Udara

0
359

images

Chanelmuslim.com- Di sebuah kelas, seorang guru begitu diperhatikan murid-muridnya karena sebuah pertanyaan guru yang begitu menarik.

“Anak-anakku, tolong sebutkan makhluk Allah yang tergolong benda mati, tapi memiliki kiprah baik yang luar biasa untuk umat manusia?” tanya guru ke murid-murid yang terlihat berpikir keras untuk memberikan jawaban.

Seorang murid tiba-tiba mengancungkan jari, “Saya, Pak! Menurut saya benda mati yang punya kiprah baik adalah air,” ucap sang murid diiringi anggukan teman-temannya.

Sang guru tampak tersenyum. “Bagus, tapi air secara alami hanya akan mengalir ke yang berada di bawahnya. Ada pendapat yang lain?” ungkap sang guru sambil mencari-cari murid lain yang akan mengancungkan jari.

“Saya, Pak!” seorang murid mencoba untuk memberikan jawaban. “Menurut saya, cahaya. Cahaya memberikan kepada manusia tanpa peduli apakah yang ada di bawah atau di atas,” jelas seorang murid yang juga diiringi anggukan teman-temannya.

“Bagus sekali, tapi cahaya hanya akan masuk jika diizinkan manusia. Di sebuah ruangan yang lampunya sengaja dimatikan, cahaya tak akan ada sama sekali,” papar sang guru yang diiringi keingintahuan murid-murid.

“Hayo, ada yang punya pendapat lain?” ucap sang guru sambil berkeliling di antara tempat duduk murid-murid. Mereka tampak berpikir keras untuk menjawab.

“Saya, Pak,” seorang murid mengancungkan jari. “Ya, silakan,” ucap sang guru ingin memastikan muridnya menjawab sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.

“Menurut saya, udara. Udara selalu berusaha keras untuk melayani umat manusia, tak peduli yang berada di atas atau di bawah. Dan tak peduli apakah manusia mengizinkan atau tidak. Jika ada celah sedikit pun, udara akan memaksa masuk untuk memberikan kebaikan kepada manusia,” jelas sang murid yang diiringi anggukan teman-temannya.

“Wow, jawaban yang luar biasa. Bagus sekali!” sambut sang guru sambil menunjukkan jari jempol.

**
Bercermin dari apa yang disampaikan para murid dari pertanyaan gurunya, kita bisa melihat kembali di mana posisi kita dalam kiprah kebaikan.

Apakah seperti air yang akan memilih-milih kemana ia akan menuju. Apakah seperti cahaya yang berusaha memberikan kebaikan, tapi terserah kepada yang membutuhkan.

Atau, seperti udara yang tak peduli untuk memberikan kebaikan, dimana pun yang dituju berada, diizinkan atau tidak. Setiap ada celah untuk melayani, udara akan berusaha memberikan kebaikan. Walaupun celahnya hanya sebesar lubang jarum. (muhammad nuh/foto:onlybackground)

Share this on WhatsApp

Apakah anda seorang pengusaha property, developer, enterpreneur, ataupun seseorang yang ingin mempresentasikan bangunannya melalui sentuhan gambar untuk media promosinya? Kini hadir ODIESIGN video animasi properti, yang mengkhususkan pembuatan video animasi untuk para pengusaha properti (DEVELOPER). >> Info Lebih Lanjut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here